Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan "2 Jam Lagi Kelud Kembali Meletus" Dipastikan Hoax

Kompas.com - 14/02/2014, 10:06 WIB
KOMPAS.com — Gunung Kelud yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, di Jawa Timur, meletus pada Kamis (13/2/2014) malam.

Hujan abu dan kerikil dilaporkan terjadi di tiga kota tersebut. Warga di sekitar gunung yang terakhir meletus pada tahun 1997 lalu ini terpaksa mengungsi ke daerah yang aman.

Di tengah-tengah musibah ini, muncul berita bohong (hoax) yang tersebar melalui pesan broadcast BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, dan media sosial, seperti Twitter, Path, dan Facebook.

Pesan menyesatkan itu menyebutkan, dua jam lagi akan terjadi letusan susulan di Gunung Kelud dan diperkirakan letusan akan sejauh 20 km dari pusat magma dan diperkirakan terjadi gempa 6 sampai 8 SR.

Berikut isi lengkap dari berita bohong tersebut:
"Info dari BMG 2 jam lagi ada letusan susulan status AWAS II ,diperkirakan letusan sejauh 20 km dari pusat magma dan diperkirakan terjadi gempa 6 sampai 8 skalalighter. .Dan setelah ini lampu akan dipadamkan total untuk wilayah kediri . .Lahar dingin  mengalir sampai Kademangan Blitar hati2 untuk daerah alirah lahar,hujan abu dan suara gelegar letusan sampe solo dan klaten,sedangkan daerah kota pare kediri ke utara di selimuti bau belerang yg menyengat.Tolong sebarkan kabar ini ke sanak keluarga anda.Info : http//www.BMKG.co.id".

Pesan di atas dipastikan merupakan berita hoax atau bohong. Konfirmasi ini dilontarkan oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Alam dan Mineral, Hendrarto, Jumat (14/2/2014) dini hari.

"Tidak benar akan ada letusan dua jam lagi. Untuk memastikan itu, butuh peralatan yang baik," ujar Hendrarto.

Dalam siaran pers-nya, Hendarto menepis kabar yang beredar luas di masyarakat melalui jalur broadcast BBM.

Hendrarto meminta masyarakat untuk tak gampang terprovokasi kabar bohong. "PVMBG juga belum tahu apa yang akan terjadi setelah ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com