Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Prosesor Baru, Harga Ponsel Bisa Lebih Murah

Kompas.com - 16/02/2014, 10:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Di akhir tahun ini, bisa jadi bakal makin banyak ponsel pintar yang dijual dengan harga terjangkau, namun memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Hal tersebut dimungkinkan berkat kehadiran desain arsitektur ARM terbaru yang dibuat oleh ARM Holdings.

ARM Holdings baru saja mengumumkan desain prosesor baru yang diberi nama Cortex-A17. Dikutip dari Mashable, ARM mengklaim bahwa ponsel atau tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur A17 bisa lebih hemat 60 persen dibanding perangkat yang menggunakan arsitektur A9. Dengan demikian, vendor yang menggunakan prosesor A17 bisa meningkatkan fitur dan performa produknya.

Desain A17 disebut ARM Holdings bisa menangani video 4K dan mendukung pemotretan dengan resolusi foto hingga 20 megapixel. Ditambah lagi dukungan layar yang bisa ditingkatkan hingga Quad HD. Desain terbaru ARM ini juga dikatakan bisa terhubung dengan perangkat wearable melalui koneksi Bluetooth dan ANT+.

Arsitektur A17 ini diharapkan akan digunakan oleh sebagian besar vendor pada pertengahan 2015 mendatang. Selain ponsel pintar dan tablet, A17 juga diharapkan bisa memberi tenaga Smart TV yang tahun depan diprediksi akan terjula hingga 140 juta unit.

Salah satu perusahaan pembuat prosesor yang sudah meluncurkan prosesor berarsitektur A17 adalah MediaTek. Prosesor terbaru ini disebut-sebut akan menggantikan posisi desain arsitektur Cortex-A9, yang telah berusia 6 tahun.

Walau kemampuannya meningkat, namun MediaTek mengatakan bahwa ponsel pintar premium yang mengusung A17 bisa dijual dengan harga lebih murah, sekitar 200 dollar AS tanpa subsidi.

Desain prosesor ARM saat ini memang paling banyak digunakan untuk perangkat mobile. Kendati demikian, perusahaan Intel selaku pengembang desain arsitektur prosesor X86, terus mengejar ketertinggalannya dari ARM.

Melalui lini produk prosesor Atom, Intel gencar bermain di segmen pasar menengah ke bawah. Mereka terus berusaha membuat desain prosesor yang hemat daya namun tetap menawarkan performa yang kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com