Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google akan Bangun Internet Super Cepat

Kompas.com - 16/02/2014, 14:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Sebagai perusahaan teknologi raksasa, Google dengan beragam layanan berbasis internetnya, yang digunakan ratusan juta orang di seluruh dunia, tentu membutuhkan tulang punggung yang kuat.

Tulang punggung tersebut adalah koneksi Internet yang cepat dan bisa diandakan. Untuk mengantisipasi perkembangan Internet di masa depan, Google menyiapkan infrastruktur untuk menghadirkan Internet dengan kecepatan hingga 10 gigabit per detik (Gbps).

Kecepatan tersebut sama dengan seribu kali kecepatan rata-rata Internet yang digunakan penduduk Amerka Serikat (AS) yang saat ini berkisar pada 7 megabit per detik (Mbps).

CNet melaporkan, Kamis (13/2/2014), selain sebagai tulang punggung koneksi, teknologi ini dikembangkan Google untuk menyalurkan layanan software as a service (SaaS).

"Mungkin teknologi ini baru akan tersedia dalam satu dekade ke depan, namun jika bisa diwujudkan dalam tiga tahun, kenapa tidak?" ujar Patrick Pichette, Chief Financial Officer Google.

Menurut Google, banyak pengguna yang membutuhkan koneksi 1 Gbps atau bahkan broadband 100 Mbps, karena teknologi-teknologi baru yang dikenalkan semakin membutuhkan koneksi yang cepat, seperti teknologi streaming audio dan video, penyimpanan cloud, panggilan video, update software, serta game multi-pemain.

Belum lagi dengan wacana menyelenggarakan teknologi streaming video kualitas 4K yang membutuhkan koneksi Internet super cepat.

Google bukan hanya satu-satunya perusahaan ynag ingin membangun Internet berkecapatan tinggi. Tahun lalu, sebuah tim dari Inggris mengklaim telah menemukan cara mentransmisikan data dengan kecepatan 10 Gbps melalui cahaya.

Sistem yang disebut "Li-fi" tersebut memanfaatkan lampu LED untuk menghantarkan data berkecepatan 3,5 Gbps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com