Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebaran ATM Bitcoin Bakal Makin Luas

Kompas.com - 19/02/2014, 07:28 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Perusahaan Robocoin selaku penyedia mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk Bitcoin, menyatakan Selasa (17/2/2014) bakal memasang mesin ATM pertama untuk Bitcoin di Amerika Serikat. Mesin itu akan dipasang di Seattle dan Austin.

Mesin ini memungkinkan pengguna dalam membeli atau menjual mata uang digital Bitcoin. Mesinnya mirip seperti ATM pada umumnya, namun ia memiliki sensor pemindai yang akan membaca identifikasi kartu penduduk atau paspor untuk mengkonfirmasi identitas pengguna.

Selain itu, ATM ini memungkinkan pengguna menyetor uang tunai atau mentransfer Bitcoin dari atau kepada dompet virtual Bitcoin lain.

Sebelumnya, Robocoin telah memasang mesin ATM Bitcoin pertamanya di Vancouver, Kanada, pada musim gugur 2013. Mereka juga akan mengoperasikan satu mesin Bitcoin berikutnya di Calgary, Alberta, Kanada, pada akhir Februari 2014.

Robocoin, yang berbasis di Las Vegas, juga berencana memasang ATM Bitcoin di kawasan Asia dan Eropa.

Setiap mesin Bitcoin nantinya dikelola oleh sebuah operator, termasuk perusahaan Bitcoin di suatu negara.

Mata uang digital Bitcoin diluncurkan pada tahun 2008 dan diperdagangnkan dalam jaringan internet global. Bitcoin bersifat desentralisasi, tidak diatur oleh sebuah bank sentral ataupun pemerintah manapun.

Saat ini, satu Bitcoin dinilai seharga 636 dollar AS. Akan tetapi, nilai Bitcoin sangat fluktuatif, dipengaruhi oleh permintaan dan sentimen pasar.

Kantor berita Reuters mencatat, satu Bitcoin pada September 2013 nilainya berkisar 150 dollar AS. Lalu pada akhir Desember 2013 nilainya meroket menjadi di atas 1.000 dollar AS.

Nilai Bitcoin sempat anjlok pada 10 Februari 2014 setelah bursa Mt. Gox asal Tokyo, Jepang, merilis pengumuman sedang menangguhkan penarikan Bitcoin karena "terdeteksi aktivitas yang tidak biasa pada dompet Bitcoin dan sedang dilakukan penyelidikan selama beberapa pekan terakhir. Ini mengkonfirmasikan adanya transaksi yang perlu diperiksa lebih dekat."

Di platform Mt. Gox, nilai Bitcoin sempat jatuh ke level 592 dollar AS pada 10 Februari 2014 waktu Jepang, turun 27 persen dari harga tanggal 7 Februari sebesar 692 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com