Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pasang Sensor 3D di Smartphone

Kompas.com - 22/02/2014, 12:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Google mengembangkan smartphone yang dibekali dengan sensor 3 dimensi (3D). Saat ini, smartphone tersebut telah dibuat prototipenya dan disebarkan ke beberapa developer untuk mengujinya. Proyek smartphone 3D ini oleh Google diberi nama "Project Tango."

"Tujuan Project Tango adalah untuk memberikan perangkat mobile kemampuan pemahaman ruang dan gerakan yang setara manusia," tulis pernyataan resmi Google.

Situs BBC mengabarkan pada Jumat (21/2/2014), sebanyak 200 perangkat smartphone telah ditawarkan Google ke developer. Dengan sensor 3D tersebut, developer bisa membayangkan berbagai kemungkinan yang bisa dibuat dan mewujudkannya.

Sebagai contoh, dengan smartphone yang memiliki kemampuan mendeteksi lokasi dan keberadaan sekelilingnya, developer bisa membuat aplikasi yang bisa membantu tuna netra untuk berjalan dalam ruangan tanpa perlu dibantu orang lain.

Menurut Google, sensor 3D yang ditanamkan dalam smartphone tersebut memiliki kemampuan pengukuran 3D sebanyak 250 ribu kali dalam satu detik, sekaligus selalu membaharui posisinya secara real-time.

Para analis mengatakan bahwa saat ini banyak perusahaan yang menanti teknologi baru yang bisa digunakan setiap hari untuk menarik lebih banyak konsumen.

"Fokusnya bukan hanya pada hardware yang dimiliki perangkat, namun juga apa yang bisa dilakukan perangkat tersebut," ujar Bryan Ma, Associate Vice President IDC kepada BBC.

Begitu dibuat, perangkat tersebut juga akan disertai dengan aplikasi komersil. Dengan demikian, diharapkan permintaan akan muncul bukan hanya dari individu, namun juga dari perusahaan-perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com