Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Akun Instagram Dalai Lama

Kompas.com - 28/02/2014, 14:54 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Jejaring sosial tak hanya menjadi konsumsi orang awam, tetapi juga selebriti, tokoh-tokoh terkenal, atau pemimpin dunia, tak terkecuali pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama.

Setelah memiliki akun resmi di jejaring sosial Twitter pada tahun 2010 lalu, Dalai Lama kini juga memiliki akun resmi di jejaring sosial berbagi foto, Instagram. Akun tersebut telah dibuat sejak awal Februari 2014 dan sampai berita ini diturunkan telah memiliki lebih dari 29.000 follower.

Kabar Dalai Lama yang memiliki akun resmi Instagram tersebut disebarkan melalui akun Twitter resminya pada Kamis (27/2/2014).

Dalam akun Instagram resminya, yang beralamat di http://instagram.com/dalailama, Dalai Lama menulis di kolom bio dengan kalimat, "Selamat datang di akun resmi Instagram milik kantor Yang Mulia Dalai Lama ke-14."

Membaca biografi tersebut, bisa dipastikan bukan Dalai Lama sendiri yang menggunakan smartphone untuk memotret dan mengunggahnya ke Instagram, melainkan salah satu stafnya.

Akun Instagram Dalai Lama memajang foto dari berbagai aktivitas yang dilakukan tokoh terkenal Tibet tersebut, seperti saat berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pertemuan dengan Pemerintah China yang menganggapnya sebagai separatis, dan kunjungan-kunjungan sosial yang dilakukannya.

Cepatnya penyebaran informasi dan berita dalam jejaring sosial menjadi alasan banyak tokoh dunia membuat akun jejaring sosial. Meski demikian, Dalai Lama pernah memperingatkan agar tidak terlalu bergantung pada teknologi.

"Saya pikir teknologi bisa meningkatkan kemampuan manusia. Dengan teknologi, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, teknologi tidak memiliki rasa kasih sayang," ujarnya kepada The Hufftington Post, Selasa (25/2/2014).

"Kita harus bisa mengontrol teknologi. Jika kita justru menjadi budak teknologi, maka hal itu akan berakibat tidak baik," imbuhnya.

Tokoh spiritual lain yang juga memanfaatkan jejaring sosial adalah pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, yang memiliki akun resmi Twitter dengan pengikut lebih dari 10 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com