Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Dua Lensa Tingkatkan Mutu Fotografi Mobile

Kompas.com - 02/03/2014, 12:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Kamera pada smartphone selama ini memiliki batasan dalam hal zoom, di mana pengguna terbatas hanya dapat melakukan zoom digital yang mengurangi resolusi. Misalnya seperti Lumia 1020 yang menawarkan tingkat zoom hingga 3x, tetapi dengan pemangkasan resolusi hasil akhir dari 41 megapixel menjadi 5 megapixel.

Produsen lain mencoba menawarkan solusi zoom optis yang tidak mengurangi resolusi, seperti Samsung dengan Galaxy S4 Zoom. Namun hal ini berimbas pada ukuran fisik yang relatif tebal sehingga mengurangi portabilitas perangkat yang bersangkutan.

Nah, pada gelaran Mobile World Congress 2014 di Bercelona, Spanyol, sebuah perusahaan rintisan bernama Corephotonics menawarkan solusi lain dalam bentuk modul kamera yang memiliki dua lensa.

Sebagaimana dilaporkan oleh Engadget, salah satu lensa itu merupakan jenis wide-angle dengan cakupan luas, sementara yang lainnya adalah lensa "tele" yang memiliki focal length 3x lebih panjang. Dengan berpindah-pidah antar dua lensa ini, maka pengguna smartphone bisa mendapatkan "zoom" 3x tanpa penurunan kualitas gambar.

Mekanisme di sini bukan "zoom" yang sebenarnya karena lebih mirip dengan berpindah antar dua lensa fixed pada kamera DSLR. Pengguna bisa memilih cakupan "wide" atau "tele", tapi tidak di antara keduanya.

Meski demikian, modul ini tetap menjanjikan karena menawarkan dua cakupan gambar berbeda tanpa terlalu menyita tempat pada ponsel

Kemampuan "zoom" optis bukan satu-satunya kelebihan kamera dari Corephotonics ini. Karena turut dilengkapi dengan dua sensor, kinerja low-light juga bisa ditingkatkan dengan menganalisis gambar tangkapan kedua sensor untuk mengidentifikasi dan meredam noise.

Adanya dua lensa juga memungkinkan teknik "depth analysis" yang bisa digunakan untuk hal-hal seperti memburamkan latar belakang pada foto portrait, mempercepat proses autofokus, dan implementasi augmented reality.

Corephotonics menyatakan sedang mencoba menawarkan produkya ke pabrikan-pabrikan smartphone. Belum diketahui smartphone apa yang bakal mengusung modul kamera ini, jikapun ada.

HTC One 2 dari HTC sempat dikabarkan memiliki kamera dengan dua lensa dalam sejumlah gambar bocoran yang beredar, tapi Corephotonics  menyatakan bahwa pihaknya bukanlah pembuat modul kamera pada smartphone tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com