Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Komentari Kemampuan Tahan Air Galaxy S5

Kompas.com - 02/03/2014, 13:34 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com — Dalam satu tahun ke belakang, Sony berusaha membuat sebuah citra baru untuk keluarga ponsel Xperia Z. Setiap orang yang mendengar nama produk tersebut, diharapkan langsung mengingat produk tahan air dan debu.

Nah, ketika Samsung akhirnya merilis Galaxy S5, apa komentar dari pihak Sony? Mengingat, ponsel unggulan terbaru Samsung ini juga dipersenjatai dengan kemampuan tahan air dan debu.

Menurut Ravi Nookala, Kepala Divisi Mobile Sony US, Sony sama sekali tidak khawatir dengan "ancaman" dari produk terbaru Samsung tersebut.

"Kami yang memulai tren anti-air," ucap Nookala, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (1/3/2014). "Kami tidak khawatir akan perangkat itu (Galaxy S5)."

Lebih lanjut, Nookala berpendapat bahwa Galaxy S5 merupakan salah satu bukti meningkatnya minat vendor terhadap ponsel dengan kemampuan anti-air dan debu. Hal tersebut diharapkan dapat menguntungkan bagi Sony dan lini produk Xperia Z.

"Ini telah memulai percakapan untuk tahan air dan membantu menceritakan kisah kami," kata Calum MacDougall, Direktur Produk Marketing Xperia.

Dalam satu tahun belakangan ini, Sony memang merilis berbagai produk tahan air dan debu, yang masuk ke keluarga Xperia Z. Perangkat pertama yang "lahir" adalah Xperia Z, diikuti Xperia Z Tablet, Xperia Z Ultra, Xperia Z1, dan Xperia Z1s. Terakhir, Sony memperkenalkan Xperia Z2.

Khusus untuk dua produk terakhir, Xperia Z1S dan Xperia Z2, Sony menggunakan sertifikasi IP58. Sertifikasi yang satu ini dianggap lebih unggul ketimbang IP67 pada Galaxy S5.

Pada sertifikasi IP58, sebuah perangkat mampu bertahan di bawah air dengan kedalaman 1 meter dalam kurun waktu selama yang diinginkan. Sementara, untuk sertifikasi IP67, sebuah perangkat mampu bertahan dengan kedalaman yang sama, 1 meter, tetapi hanya dalam kurun waktu 30 menit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com