Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S5 Boros Memori Ternyata Salah Kira

Kompas.com - 04/03/2014, 10:45 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Ponsel besutan Samsung memang dikenal cukup "rakus memori". Tidak ingin terus menyandang gelar tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini menyediakan kapasitas yang lebih lega di Galaxy S5.

Menurut situs Android Headlines, Selasa (3/3/2014), Samsung setidaknya menyediakan kapasitas sebesar 10,7 GB di ponsel Galaxy S5 berkapasitas memori internal 16 GB. Itu artinya, Samsung menggunakan 5,3 GB untuk keperluan sistem.

Awalnya, Galaxy S5 dilaporkan boros soal memori internal, sama seperti saudara kandungnya, Galaxy S4. Pada saat menguji perangkat tersebut di sela-sela ajang Mobile World Congress (MWC) minggu lalu, banyak yang menemukan, memori internal yang dapat digunakan di Galaxy S5 dengan kapasitas 16 GB hanya sekitar 8,4 GB saja.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata tidak semua kapasitas yang digunakan di perangkat tersebut dipakai untuk sistem. Lebih lanjut, diketahui bahwa Samsung menggunakan 2,33 GB untuk keperluan demo. Untungnya, file demo tersebut tidak akan hadir di Galaxy S5 versi retail.

Itu artinya, jika ditambah 2,33 GB, maka pengguna dapat memanfaatkan memori penyimpanan sekitar 10,7 GB.

Salah satu ponsel yang dikatakan cukup "boros memori" adalah Samsung Galaxy S4. Menurut riset yang dilakukan oleh sebuah situs, pengguna ternyata hanya bisa menggunakan sekitar 8,56 GB atau 54 persen dari Galaxy S4 dengan kapasitas 16 GB.

Sudah menjadi rahasia umum, tak sepenuhnya kapasitas memori internal sebuah smartphone bisa digunakan oleh pengguna. Sebagian dari kapasitas memori tersebut dipakai untuk sistem.

Sebagai gambaran, biasanya sistem sebuah ponsel rata-rata membutuhkan 3 hingga 4 GB memori internal. Jadi, jika sebuah smartphone dikatakan memiliki memori internal berkapasitas 16 GB, maka pengguna hanya bisa menggunakan memori sekitar 12 GB saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com