Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Tablet Android Kalahkan iPad

Kompas.com - 05/03/2014, 09:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Untuk pertama kalinya, tablet-tablet Android berhasil mengalahkan pangsa pasar tablet Apple iPad. Kesuksesan tablet Android ini mendapat kontribusi besar dari pabrikan Samsung.

Tablet Android tidak hanya menyusul pangsa pasar iPad, tetapi juga melipatgandakan penjualan dibanding hasil penjualan iPad.

Data tersebut diungkap dalam laporan lembaga riset Gartner pada Februari 2014. Data yang dirilis Gartner juga menunjukkan bahwa Samsung turut membantu menjadikan tablet Android menguasai pasar, sama halnya yang dilakukan Samsung di segmen smartphone.

Menurut Gartner, pada tahun 2013 lalu, penjualan tablet Android mencapai 121 juta unit, angka tersebut bertambah 53 juta dibanding tahun 2012. Sementara Apple hanya mampu menjual 70,4 juta unit iPad, naik 61,4 juta dibanding penjualan tahun 2012.

Data Gartner juga menunjukkan bahwa penjualan tablet Samsung yang memiliki pertumbuhan penjualan tablet hingga 336 persen pada 2013 lalu sehingga pangsa pasarnya mencapai 19 persen.

Walau masih kalah dibanding pangsa pasar tablet iPad sebesar 36 persen, dibandingkan dengan produsen tablet Android lain, Samsung tetap menjadi penyumbang terbesar pangsa pasar tablet Android yang kini mencapai 61,9 persen.

Pasar tablet murah disebut Phone Arena (3/2/2014) memiliki kontribusi besar untuk platform Android. Di belakang Samsung, masih ada Asus, Amazon, dan Lenovo yang juga membantu penjualan tablet Android mengalahkan iPad.

Di sisi lain, tablet Microsoft dengan sistem operasi Windows 8 dilaporkan Gartner memiliki pangsa pasar 2,1 persen pada 2013. Penjualannya naik dari 1,1 juta pada 2012 menjadi 4 juta pada 2013.

Laporan lengkap Gartner bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com