Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Iklan di BBM Channels?

Kompas.com - 05/03/2014, 14:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis


KOMPAS.com — CEO BlackBerry, John Chen, telah mengatakan bahwa perusahaan akan mencari pendapatan dari layanan messaging-nya, BlackBerry Messenger (BBM). Kini sumber internal BlackBerry mengatakan sedang menguji iklan di BBM Channels. Seperti apa iklan tersebut?

Sebelumnya, konfirmasi bahwa BBM akan disuntik iklan oleh BlackBerry didapat situs BGR, Senin (10/2/2014), dalam wawancara eksklusifnya dengan bos BBM, Andrew Bocking.

Situs BerryReview juga mengatakan bahwa BlackBerry saat ini sedang menguji iklan ke sejumlah klien BBM Channels terbatasnya. Iklan ini belum muncul di BBM versi publik.

Lalu, seperti apa iklan yang diuji oleh BlackBerry? Dalam posting-an di blog resminya, BlackBerry mengatakan tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna saat berkirim pesan. Karena itu, dipastikan tidak ada iklan yang muncul di tengah-tengah pesan yang dikirim.

BlackBerry menguji tiga tipe iklan, yaitu disebut dengan "Featured Placements," "Sponsored Invites", dan "Sponsored Channel Posts" yang akan ditampilkan di halaman Updates BBM.

Featured Placements bisa digunakan pemilik BBM Channels mempromosikan channel mereka ke jutaan pengguna aktif BBM. Sementara, Sponsored Invites bisa digunakan untuk mengajak kontak bergabung dengan BBM Channels. Pemilik channel bisa menentukan target yang ingin diundang dengan menentukan parameter seperti umur, lokasi, dan minat.

Jika kontak tersebut menolak ajakan bergabung dengan channel, kontak tersebut tidak akan pernah mendapatkan invitation yang sama lagi.

Untuk fitur Sponsored Posts, pemilik BBM Channels bisa menempatkan posting-an iklannya di halaman Updates BBM. Iklan tersebut akan muncul bersamaan dengan update dari kontak BBM dan BBM Channels lain yang telah diikuti.

BlackBerry mengatakan akan menentukan seberapa sering Sponsored Posts tersebut muncul secara dinamis di halaman Updates karena BlackBerry juga tidak ingin merusak fungsi sosial dari halaman tersebut.

Meski demikian, pengguna bisa menyaring iklan tersebut dengan cara menampilkan kontak saja di halaman Updates sehingga tidak akan melihat Sponsored Posts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com