Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang "Ajal", Pengguna Windows XP Masih Banyak

Kompas.com - 07/03/2014, 08:37 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sebulan menjelang "kematian", sistem operasi lawas milik Microsoft, Windows XP, ternyata masih cukup banyak dipakai oleh konsumen.

Menurut Net Market, seperti dikutip dari Arstechnica, Kamis (6/3/2014), pangsa pasar Windows XP secara global untuk sistem operasi secara keseluruhan pada periode Februari 2014 adalah sebesar 29,53 persen.

Bukannya menurun di hari-hari menjelang diberhentikannya dukungan dari Microsoft, pangsa pasar Windows XP tersebut malah menunjukkan sedikit peningkatan dari bulan sebelumnya. Pada Januari, masih menurut Net Market, Windows XP memegang 29,23 persen atau meningkat 0,3 persen.

Arstechnica
Market Share OS periode Februari 2014
Sementara, Windows 8 masih tampak sepi peminat. Pangsa pasar untuk sistem operasi tersebut sebesar 6,38 persen, menurun 0,25 persen dari Januari.

Pangsa pasar tersebut tampaknya berpindah ke sistem operasi teranyar Microsoft, Windows 8.1. Pada Februari, pangsa pasar sistem operasi yang satu ini meningkat hingga 4,3 persen, dari 3,95 persen di Januari.

Secara keseluruhan, sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows 7 dengan pangsa pasar sebesar 47,31 persen.

Sistem operasi milik Apple, OS X, memegang 7,69 persen pangsa pasar global.

Windows XP sendiri sudah beredar selama 13 tahun sejak diluncurkan pada 2001 lalu. Begitu Microsoft menghentikan dukungan teknis pada 8 April 2014, lubang-lubang sekuriti pada sistem operasi ini tak akan ditambal lagi sehingga berpotensi membuka celah keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com