Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Setor Rp 413 Miliar ke IBM, Untuk Apa?

Kompas.com - 11/03/2014, 08:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menjalin kesepakatan untuk melakukan lisensi silang hak paten dengan IBM, Twitter akhirnya mengungkapkan biaya yang harus mereka bayarkan. Perusahaan jejaring sosial itu ternyata harus membayar 36 juta dollar AS atau sekitar Rp 413 miliar demi mendapatkan 900 paten dari IBM.

Angka tersebut terungkap setelah Twitter memberi dokumen pembelian paten IBM kepada Komisi Bursa Saham dan Sekuritas Amerika Serikat, Jumat (7/3/2014).

Dengan lisensi silang ini, Twitter kini memiliki 956 paten serta 100 paten aplikasi yang terdaftar di Amerika Serikat.

IBM pernah mengeluhkan pelanggaran hak paten yang dilakukan Twitter sebelum mereka menjual saham perdana ke publik pada November 2013. IBM meminta agar Twitter membayar paten tersebut, namun IBM tidak membawanya ke meja hijau.

Twitter akhirnya tunduk dengan permintaan IBM dan mau membayar lisensi silang untuk menghindari sengketa hukum di masa depan.

"Pembelian ini memberikan kami perlindungan kekayaan intelektual yang lebih besar, dan memberikan kebebasan kami dalam bertindak dan berinovasi untuk semua orang yang menggunakan layanan kami," kata Direktur Hukum Twitter, Ben Lee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com