Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tanpa Sopir Akan Diatur, tapi Bagaimana?

Kompas.com - 12/03/2014, 03:11 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Departemen Kendaraan Bermotor California, Amerika Serikat, Selasa (11/3/2014), berhadapan dengan teka-teki kompleks tentang bagaimana mengatur mobil yang dikendalikan oleh komputer alih-alih manusia (driverless car). Bagaimana mengatur kendaraan bermotor seperti ini?

Soal waktu saja cerita fiksi mobil tanpa sopir akan menjadi nyata. Google, misalnya, sudah merancang unit Prius dan Lexus menggunakan berbagai sensor yang membuatnya bisa melaju tanpa campur tangan sopir. Kendaraan itu pun sudah melaju ratusan ribu kilometer di California.

Departemen Kendaraan Bermotor California mengatakan, mereka sedang merancang aturan tentang bagaimana perusahaan dapat menguji teknologi mobil tanpa sopir itu. Mereka berharap aturan ini bisa rampung dalam beberapa pekan mendatang.

Pada Selasa, Departemen ini melakukan audiensi publik untuk mengumpulkan ide tentang bagaimana mengintegrasikan mobil tanpa sopir di jalanan umum. Sejumlah negara bagian lain di Amerika Serikat telah menyelesaikan aturan soal mobil tanpa sopir, tetapi sebagian besar aturan itu masih fokus pada tahap pengujian.

California mencoba melompat ke depan dengan mengantisipasi bila orang-orang sudah bisa membeli kendaraan yang dapat melaju tanpa sopir itu kemudian memakainya di jalanan. Adapun pemerintah federal diperkirakan masih butuh bertahun-tahun lagi untuk mengatur soal ini.

Regulator California harus berhadapan dengan beragam isu, mulai dari privasi data hingga masalah keamanan, seperti apakah seseorang tetap harus berada di kursi sopir atau mobil itu bisa melaju tanpa sopir sama sekali. Departemen Kendaraan Bermotor California mengatakan, mereka ingin membuat keseimbangan antara keamanan publik dan kemajuan inovasi swasta.

Dalam diskusi itu, Google dan para pembuat mobil telah menyampaikan bahwa bila regulasi dibuat terlalu ketat, maka kemajuan teknologi akan tertahan. Departemen kendaraan ini mengatakan, aturan yang akan mereka buat juga akan dikaji apakah cukup untuk melindungi masyarakat, ketika salah satu mobil tanpa pengemudi yang berjalan dengan kendali komputer mengalami kecelakaan, dalam situasi yang seharusnya bisa ditangani sopir manusia.

Berikut ini adalah salah satu link video uji coba mobil tanpa sopir oleh Google:
http://www.google.com/about/jobs/lifeatgoogle/self-driving-car-test-steve-mahan.html


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com