Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat "Flappy Bird" Akhirnya Bicara Jujur

Kompas.com - 12/03/2014, 15:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Kendati sukses besar dan berhasil meraup banyak pemasukan dari iklan, game "Flappy Bird" ditarik dari peredaran oleh penciptanya, Dong Nguyen, pada Februari lalu.

Lenyapnya Flappy Bird mengundang banyak pertanyaan karena Nguyen tak banyak berbicara mengenai hal ini. Namun, wawancara dengan Rolling Stone menguak alasan personal Nguyen di balik keputusan kontroversialnya itu.

Rupanya dia banyak menerima pesan yang menyalahkan Flappy Bird atas berbagai kejadian buruk, mulai dari ibu yang menelantarkan anak karena terlalu sibuk bermain, orang yang kehilangan pekerjaan, sampai belasan ponsel rusak dibanting anak-anak sekolah yang dibuat kesal oleh si tokoh burung terbang.

"Pada awalnya saya kira mereka cuma bercanda," kata Nguyen. Namun, lalu dia menyadari bahwa hal itu benar-benar terjadi.

Nguyen sendiri dahulu pernah tidak lolos ujian sekolah karena kecanduan game "Counter Strike", jadi dia tahu betul daya rusak game yang membuat ketagihan.

Nguyen yang merasa bersalah kemudian memutuskan untuk melenyapkan Flappy Bird, meski sadar bahwa game itu memberi pemasukan sangat besar bagi dirinya yang masih tinggal bersama orangtua.

Sebelumnya Nguyen mengaku memperoleh pendapatan yang sangat besar dari game ini. Dalam sehari, ia bisa mendapatkan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta.

Tindakan itu juga dilatarbelakangi oleh ketidaknyamanan akibat kehidupan pribadinya yang tiba-tiba jadi sorotan banyak orang. "Saya memang tak bisa kembali ke hidup seperti yang dahulu, tetapi kini saya merasa baikan".

Mungkinkah Flappy Bird kembali?

Semenjak Flappy Bird ditarik, kloning game tersebut bermunculan bak jamur pada musim hujan. Beberapa orang pun mencoba meraih untung dengan menjual mahal iPhone yang sudah dipasangi Flappy Bird karena game tersebut telah menjadi barang langka.

Namun, apakah masih ada harapan bahwa Flappy Bird yang "asli" akan kembali hadir? "Saya sedang mempertimbangkan itu," jawab Nguyen singkat dalam wawancara dengan Rolling Stone.

Nguyen melanjutkan bahwa kini ia tak sedang mengerjakan versi baru dari Flappy Bird. Namun, kalaupun nantinya game itu benar-benar kembali hadir, dia mengatakan bakal menambah pesan peringatan di dalam permainan.

Bunyi pesan itu sederhana saja, "Please take a break," jelas Nguyen. Tujuannya mengingatkan pemain agar beristirahat.

AFP
Dong Nguyen, pembuat game Flappy Bird.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com