Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poin Game Buatan Touchten Bisa Ditukar Barang

Kompas.com - 14/03/2014, 10:27 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Perusahaan pengembang game Touchten berencana membuat platform penerbitan game untuk perangkat mobile. Fitur andalan yang ditawarkan adalah "Online to Offline" (O2O), yang memungkinkan pemain mendapat poin virtual dari game yang dimainkan lalu menukarkannya dengan produk nyata dari beberapa merek yang sudah bekerjasama dengan Touchten.

Platform penerbitan game dengan model O2O ini akan diperkenalkan Touchten dalam waktu dekat ini, bersamaan dengan game terbaru mereka. Model bisnis macam ini diharap mampu mempertahankan dan menambah jumlah pengguna dari Indonesia hingga Asia Tenggara.

“Harapan kami, semoga dengan platform ini kami bisa membawa nama Indonesia ke pasar game dunia, khususnya Asia Tenggara,” ujar Anton dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Kamis (13/3/2014).

CEO Touchten Anton Soeharyo, mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah merek besar di Indonesia untuk platform game. Namun, Anton masih merahasiakan merek apa saja yang sudah diajak kerja sama.

Sejak lima tahun berdiri, Touchten telah meluncurkan 20 judul game untuk perangkat mobile. Perusahaan mengklaim saat ini memiliki 9 juta pengguna di seluruh dunia.

Touchten memiliki kantor pusat di Jakarta. Perusahaan tersebut pertama kali mendapatkan pendanaan di tahun 2011 dari pemodal ventura Ideosource asal Jakarta.

Kemudian, Touchten membuka putaran investasi tahap baru yang dipimpin oleh pemodal ventura CyberAgent Ventures (Jepang) pada Desember 2013. Dalam putaran ini, TMS Entertainment (Jepang) dan UOB Venture Management (Singapura) juga memberi pendanaan kepada Touchten.

TMS Entertainment merupakan anak perusahaan Sega Sammy yang dikenal sebagai studio animasi dan komik yang membuat karakter Detective Conan, AnPanMan, Hamtaro, dan beberapa animasi Jepang lainnya.

Touchten selama ini fokus mengembangkan game untuk perangkat Android dan iOS. Produknya antara lain Suschi Chain, Cute Kill, Hachiko, Sky Beauty, Freekick 2, Train Legend, Zico, Infinite Sky, dan Ramen Chain.

Game terbaru buatan Touchten adalah Amazing Cupid dengan gaya permainan mirip Flappy Bird yang berhasil raih sukses di pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com