Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jokowi for President" Teratas di Trending Topic Twitter

Kompas.com - 14/03/2014, 16:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo Jokowi for Presiden yang diunggah oleh akun twitter @pdi_perjuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumat, 14 Maret 2014, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan diri siap menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan.

"Saya telah mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi capres dari PDI Perjuangan," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini saat melakukan blusukan di Rumah Pitung di Marunda, Jakarta Utara.

Kurang dari dua jam saja, pencalonan Jokowi sebagai presiden menuai reaksi dari pengguna jejaring sosial Twitter.

Saat berita ini diturunkan sekitar pukul 16.25 WIB, hashtag #JKW4P (Jokowi for President) yang dijadikan slogan dukungan untuk Jokowi telah bertengger di urutan teratas trending topics di Indonesia.

Twitter Hashtag #JKW4P berada di urutan teratas trending topics Twitter di wilayah Indonesia

#JKW4P sempat pula masuk dalam daftar trending topics seluruh dunia, sekitar pukul 15.45 WIB. "AH, right, Of Course. This being Indonesia, #JKW4P is already on worldwide trending topic!!", tulis seorang pengguna Twitter, @followhan.

Di wilayah Indonesia, sejumlah topik yang terkait dengan pencalonan Jokowi turut terkerek ke dalam trending topics, seperti "PDI-P", "Capres", dan "Pak Jokowi".

Partai pengusung Jokowi, PDI-Perjuangan, telah mulai aktif menggalang dukungan terhadap capresnya di Twitter lewat akun @pdi_perjuangan.

"Silakan gunakan logo ini sebagai dukungan kepada Jokowi dalam rupa avatar atau profile picture akun anda #JKW4P," sebut akun itu pada Jumat (14/3/2014 pukul 15.03 WIB, sambil menyertakan gambar logo dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com