Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Istimewakan Aplikasi Foto "Selfie"

Kompas.com - 16/03/2014, 20:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com — Bukan rahasia lagi bahwa sebagian pengguna perangat mobile gemar memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain alias "selfie." Berbagai aplikasi pun turut bermunculan untuk mengakomodasi tren yang belakangan mengemuka ini.

Perusahaan teknologi Apple bahkan ikut meramaikan tren tersebut. Selaku pengelola toko aplikasi online App Store, Apple berinisiatif membuat kategori baru bernama "Sharing Selfies" sejak Kamis (13/3/2014). Kategori ini dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam mencari aplikasi selfie.

Isi kategori itu adalah rangkaian aplikasi selfie, baik yang gratis maupun berbayar. Pengguna bisa menemukan berbagai judul populer seperti Snapchat, Selfie Cam, hingga Shots dari Justin Bieber. Ada pula aplikasi diary selfie seperti Picr dan penyunting foto selfie Facetune. 

Apple
Sebagian aplikasi dalam section Sharing Selfies di App Store
Kategori baru ini bisa diakses melalui toko aplikasi Apple App Store untuk perangkat iOS. 

Selfie sendiri sebenarnya sama sekali bukan kegiatan jenis baru. Bahkan di abad ke-19, pada masa-masa awal fotografi dengan kamera primitif, selfie sudah mulai dilakukan.

Era digital dan keberadaan gadget mobile mendorong popularitas selfie lebih jauh. Istilah ini menjadi begitu populer sehingga dimasukkan sebagai kata resmi bahasa Inggris oleh Oxford Dictionaries pada 2013 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com