Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anti-Air, Galaxy S5 Kok Dilarang Direndam?

Kompas.com - 19/03/2014, 19:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Galaxy S5 direndam di dalam wadah berisi air dalam acara Media Pre-Briefing di Jakarta, Rabu (19/3/2014). Perangkat tersebut masih bisa berfungsi dengan normal setelahnya

KOMPAS.com — Salah satu fitur baru yang disematkan oleh Samsung pada andalan barunya, Galaxy S5, adalah ketahanan terhadap debu dan air melalui sertifikasi IP67. Namun, ternyata perangkat ini memiliki keterbatasan yang tak boleh dilampaui terkait hal tersebut.

"Galaxy S5 ini bukan waterproof (kedap air), tapi water resistant (tahan air)," ujar Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Febri Rusli, dalam Media Pre-Briefing Galaxy S5, Rabu (19/3/2014), di Jakarta.

Meski mirip, kedua istilah itu memiliki perbedaan mendasar. Waterproof digunakan untuk mengacu pada alat atau perangkat yang benar-benar kedap air dan bisa direndam hingga kedalaman tertentu, contohnya jam tangan yang dirancang untuk menyelam.

Sementara itu, water resistant biasanya untuk perangkat yang bisa bertahan sekadar dari cipratan air saja.

Febri menambahkan bahwa Galaxy S5 tidak ditujukan untuk penggunaan di dalam air.

"Jadi, bukan untuk sengaja membawa ke air, tapi lebih kepada kejadian (terkena air) yang tidak sengaja di kehidupan sehari-hari, misalnya ketika terjebak hujan," ujarnya.

Oik Yusuf/Kompas.com
Meski memiliki cover belakang yang bisa dilepas, Galaxy S5 sanggup bertahan beberapa saat di dalam air. Ini karena segel karet yang melindungi bagian elektronik sensitif, berupa pembatas berwarna putih pada sisi dalam cover (paling kanan)

Lalu, mengapa Samsung tidak membuat Galaxy S5 kedap air sepenuhnya? Menurut Febri, keputusan tersebut didasarkan pada hasil survei pasar, di mana pihaknya menemukan bahwa sebagian besar pengguna tidak membutuhkan kapabilitas tersebut.

Kendati demikian, Galaxy S5 ternyata masih bisa bertahan meski tercemplung ke dalam air. Hal ini didemonstrasikan dalam acara pre-briefing tersebut, di mana sebuah Galaxy S5 tetap berfungsi normal setelah direndam di dalam sebuah wadah yang penuh berisi air.

Sertifikasi IP67 sendiri memang mensyaratkan sebuah perangkat bisa bertahan di air sedalam 1 meter selama 30 menit. Galaxy S5 dilengkapi sejumlah sarana khusus untuk menunjang ketahanannya terhadap air, seperti cover penutup pada slot USB dan segel karet yang melindungi bagian elektronik pada sisi belakang.

Toh, pada akhirnya pihak Samsung memilih untuk tak menonjolkan ketahanan air dari Galaxy S5. Mungkin ini untuk mencegah pengguna agar jangan sampai terlalu "antusias" dan membawa perangkat ini berenang atau menyelam?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com