Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Pelanggan Axis Akan Jadi Pelanggan XL

Kompas.com - 21/03/2014, 08:06 WIB
Aditya Panji

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - XL Axiata akhirnya melakukan pembayaran sebesar 865 juta dollar AS kepada Saudi Telecom Company (STC) untuk mengakuisisi Axis Telekom Indonesia pada Rabu (19/3/2014). “Mulai hari ini XL dan Axis menjadi satu,” kata Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi.

Ditegaskan oleh Hasnul, bahwa pelanggan Axis nantinya akan menjadi pelanggan XL. Pelanggan Axis yang hendak melakukan konsultasi atau komplain nantinya bisa dilayani di XL Center.

Untuk sementara, XL akan mempertahankan merek, layanan, dan tarif Axis demi menjaga kenyamanan pelanggan. “Kami akan menjaga agar tarif Axis dan XL tetap kompetitif,” ucap Hasnul dalam media gathering di Banjarmasin, Kamis (20/3/2014).

Hasnul pun berjanji akan memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas layanan Axis, salah satunya dengan roaming nasional. Roaming nasional akan membantu meningkatkan jumlah pelanggan Axis di daerah yang belum dijangkau oleh operator tersebut. Pelanggan di daerah itu bisa menggunakan layanan dan tarif Axis yang memanfaatkan infrastruktur dan jaringan milik XL.

Proses integrasi antara XL dan Axis diharapkan Hasnul bisa rampung dalam waktu antara tiga sampai sembilan bulan. Setelah proses akuisisi selesai, secara perlahan Axis akan merger dengan XL.

“Integrasinya saya harapkan bisa berlangsung selama 3 sampai 9 bulan. Saya harapkan tidak lewat dari tahun 2014,” tuturnya.

Jumlah pelanggan XL-Axis pasca-merger nanti akan lebih dari 65 juta, yang berarti mewakili sekitar 21 persen pangsa pasar.

Angka ini masih jauh jika dibandingkan pangsa pasar operator Telkomsel yang mencapai 131,5 juta pelanggan pada akhir 2013. Namun, jumlah pelanggan XL-Axis akan melampaui Indosat yang memiliki 59,6 juta pelanggan pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com