Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows XP Enam Kali Lebih Rawan dari Windows 7

Kompas.com - 23/03/2014, 08:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World
Pesan pop-up yang akan muncul pada 8 Maret untuk mengingatkan pengguna Windows XP agar melakukan upgrade OS

KOMPAS.com - Ancaman bahaya cyber yang mengintai pengguna Windows XP pasca-penghentian dukungan oleh Microsoft tampaknya memang bukan perkara main-main.

Sebelum dukungan dihentikan pun, produsen antivirus Avast mengungkapkan bahwa Windows XP sudah jauh lebih rentan diserang dibandingkan saudaranya yang lebih baru, Windows 7.

"Sistem operasi yang rawan ini bakal jadi sasaran empuk buat hacker dan bisa menjadi gerbang untuk menyerang sistem lain," tulis COO Avast Ondrej Vlcek dalam posting blog-nya, sebagaimana dikutip oleh PC World.

"Data telemetri kami menunjukkan bahwa pengguna Windows XP enam kali lebih rentan terhadap serangan dibanding Windows 7. Begitu Microsoft menghentikan dukungan, keadaannya akan bertambah buruk," lanjut Vicek.

Microsoft memang akan menghentikan masa dukungan Windows XP pada 8 April 2014. Setelah itu, sistem operasi yang telah berumur 13 tahun tesebut tak akan lagi menerima update untuk menambal celah keamanan sehingga berpotensi meningkatkan risiko serangan cyber.

Windows XP sendiri hingga kini masih banyak dipakai. Sekitar seperlima PC yang terkoneksi ke internet di seluruh dunia masih mengandalkan OS lawas yang pertama dirilis tahun 2001 itu.

Microsoft telah melakukan berbagai cara untuk mendorong pengguna Windows XP agar bermigrasi ke sistem operasi yang lebih baru, mulai dari menawarkan potongan harga hingga menampilkan pesan pop-up berisi peringatan pada komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com