Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Microsoft Hadirkan Office untuk iPad

Kompas.com - 28/03/2014, 08:15 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Rumor yang mengatakan Microsoft akan menyediakan paket aplikasi perkantoran Office untuk tablet Apple iPad sudah beredar sejak 2 tahun silam. Rumor itu terbukti bukan isapan jempol belaka, karena Microsoft telah resmi meluncurkan Office untuk iPad pada Kamis (27/3/2014) dalam sebuah jumpa pers di San Francisco, Califonia, Amerika Serikat.

Office untuk iPad tersedia di Apple App Store mulai hari ini. Di dalamnya terdapat aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint.

Paket aplikasi ini bisa diunduh gratis untuk sekadar membuka/melihat dokumen dan menyajikan presentasi. Sementara jika pengguna membutuhkan aplikasi Office yang bisa mengedit dokumen, maka harus merogoh kocek untuk biaya berlangganan Office 365 yang memanfaatkan media penyimpanan data online.

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi Office Mobile untuk iPhone. Namun, secara umum, Office versi iPad memiliki lebih banyak fitur, sementara Office untuk iPhone hanya memfasilitasi beberapa pengolahan dokumen secara dasar.

General Manager Microsoft untuk Produk Office, Julia White, menunjukan bagaimana teks akan secara otomatis menyesuaikan diri jika pengguna memasukkan sebuah gambar di aplikasi Office untuk iPad.

Di aplikasi Excel terdapat fitur untuk membentuk grafik yang bisa berubah secara otomatis jika pengguna mengubah persentase dalam sebuah kolom. Microsoft juga menyediakan fitur untuk mempermudah penjumlahan dan rumus di iPad, serta ada keyboard virtual dengan format numerik.

Begitu juga dengan aplikasi PowerPoint yang memberi dukungan untuk mengedit deck slide dan bisa langsung dimanfaatkan untuk presentasi. "Ini jelas bukan aplikasi Office untuk Windows yang di-porting ke iPad," kata White, seperti dikutip dari The Verge.

Paket aplikasi Office untuk iPad dikabarkan sempat membuat perpecahan dalam tubuh Microsoft. Karena, ada pihak yang tidak merelakan aplikasi perkantoran populer itu hadir di platform kompetitor. Sementara para investor berpendapat Microsoft tidak bisa selamanya membelenggu Office.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com