Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April Mop, Google Buka Lowongan Pokemon Master

Kompas.com - 01/04/2014, 10:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Tokoh-tokoh Pokemon di Google Maps

KOMPAS.com - Menjelang tanggal 1 April 2014, Google membuka "lowongan pekerjaan" baru. Nama posisinya? Pokemon Master alias pelatih tokoh monster-monster imut dari franchise video game Nintendo, Pokemon.

Syarat mengajukan lamaran hanya satu. Sang kandidat harus berhasil menangkap 150 ekor tokoh Pokemon atau ("Pocket Monster") yang ditebar di seluruh dunia melalui layanan peta Google Maps.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Maps versi terbaru dari perangkat Android atau iOS, lalu memilih kolom "search". Dari sini akan muncul sebuah opsi baru bernama "Press start".

Setelah menekan "start", pengguna bisa langsung mencari tokoh-tokoh Pokemon yang tersebar di berbagai penjuru peta lalu "menangkapnya" dengan cara menekan icon tokoh pokemon lalu memilih opsi "catch".

oik yusuf/ kompas.com Pokedex dalam Google Maps menyajikan statistik Pokemon apa saja yang sudah tertangkap


Mereka hanya akan muncul pada tingkatan zoom tertentu sehingga pengguna harus menelurusi peta dengan teliti.

Sebagian Pokemon berada di lokasi-lokasi landmark dunia seperti patung Liberty, Amerika Serikat, dan kota-kota besar, termasuk Jakarta. Ada pula rumah-rumah bergaya Pokemon dan "Pokemon Lab" yang berlokasi di Sydney Australia. 

KompasTekno bahkan sempat menemukan Pokemon jenis Steelix di Jakarta, tepatnya di sekitar jalan Dr. Saharjo, Tebet.

Pengguna bisa melihat Pokemon apa yang sudah ditangkap dan mana saja yang masih tersisa dengan mengunjungi "Pokedex", juga dari menu search Google Maps.

Pengguna yang tertarik melamar posisi Pokemon Master diberi waktu hingga tanggal 2 April pukul 14.00 waktu Timur Amerika Serikat untuk menangkap ke-150 Pokemon yang tersebar. Mereka yang berhasil akan diundang ke Googleplex untuk mengikuti proses seleksi tahap akhir.

Deskripsi pekerjaan "Pokemon Master" tak dijelaskan lebih lanjut. Pada akhir video promosi di bawah, Google menyertakan disclaimer dan mengarahkan pemirsa ke laman lowongan pekerjaan resminya.

Lowongan itu tentu saja cuma bohong-bohongan, karena lowongan ini dirilis pada 1 April yang merupakan tanggal iseng atau April Mop. Meski begitu, mencari Pokemon lewat Google Maps ternyata lumayan menantang. Tertarik mencoba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com