Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, BlackBerry Messenger Bisa Berkirim Stiker

Kompas.com - 02/04/2014, 10:57 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — BlackBerry melakukan pembaruan pada aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) untuk sistem operasi BlackBerry, Android, dan iOS. Pembaruan kali ini, Selasa (1/4/2014), membawa fitur stiker digital yang menjadi bagian dari usaha BlackBerry dalam menghasilkan uang dari BBM.

BlackBerry menyediakan stiker digital dengan ukuran yang besar dan nuansa ekspresif untuk mendukung aktivitas berkirim pesan. Stiker tersebut dapat dibeli dari BBM Shop, yang juga hadir dalam pembaruan kali ini.

Dari pengamatan KompasTekno mengunjungi BBM Shop di ponsel BlackBerry 10, saat ini hanya tersedia empat paket stiker digital yang masing-masing paket terdiri atas 20 sampai 25 stiker. Satu paket bisa diunduh gratis dan tiga paket lainnya dibanderol seharga 1,99 dollar AS atau sekitar Rp 19.800.

Setiap stiker yang dikirim dapat dibuka oleh pengirim dan penerima sehingga terlihat dalam ukuran besar.

Selain stiker dan BBM Shop, pembaruan kali ini juga menyertakan kemampuan berbagi foto dalam obrolan dengan banyak orang.

Foto atau video beresolusi tinggi sekarang dapat dikirim lewat BBM karena BlackBerry telah meningkatkan ukuran maksimal dokumen yang dikirim lewat aplikasinya, dari 6 MB menjadi 16 MB.

Aplikasi BBM terbaru yang menyediakan fitur kirim stiker ini sudah bisa diunduh dari Google Play Store, Apple App Store, dan BlackBerry World.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com