Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Cantik Yahoo Siapkan "Kejutan" untuk YouTube

Kompas.com - 02/04/2014, 11:43 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com — CEO Yahoo Marissa Mayer mencoba menantang dominasi Google dalam layanan situs berbagi video dengan menyiapkan "kejutan" untuk YouTube. Wanita berparas cantik ini dikabarkan bakal meluncurkan situs tandingan YouTube dengan menawarkan model bisnis yang lebih menguntungkan.

Dikutip dari Recode, Rabu (2/4/2014), layanan video tersebut diharapkan Yahoo bisa diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Beberapa rencana telah disiapkan oleh Yahoo, seperti menggaet bintang-bintang YouTube dan membuat jaringan.

Yahoo menarik calon kreator video untuk mengisi kontennya dengan menjanjikan bahwa video-video mereka akan menghasilkan uang lebih banyak dibanding jika dipasang di YouTube. Selama ini kreator dan pemilik video memang mengeluhkan hal tersebut.

Selain membidik calon-calon kreator video, Yahoo, juga dikabarkan The Wall Street Journal, mempersiapkan dana sekitar 300 juta dollar AS untuk meminang perusahaan penyedia layanan video online, NDN.

NDN adalah layanan sindikasi video yang menyuplai web-web berita dengan klip tentang berita, olahraga, politik, dan banyak topik lainnya. Dengan NDN, Yahoo bisa memperluas layanan videonya ke ribuan situs yang berpotensi menghasilkan pendapatan bagi Yahoo.

Saat ini, NDN menjadi situs penyedia layanan video online terbesar keempat dengan memiliki 573 juta penonton. Sementara, Yahoo berada di posisi kelima dengan 384 juta penonton.

Namun, pihak NDN membantah dengan mengeluarkan pernyataan, "Kami sedang tidak dalam proses pembicaraan tentang akuisisi oleh Yahoo saat ini," ujar Juru Bicara NDN, Kyle Olivieri.

Pembicaraan soal akuisisi NDN tersebut sudah pernah terjadi pada 2012, sebelum Yahoo dipimpin oleh Mayer. Strategi video online memang menjadi salah satu andalan Mayer agar lebih banyak pengguna yang menghabiskan waktu di website Yahoo, melihat iklan yang ditampilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com