Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilih Muda Diajak Kenal Caleg Lewat Web

Kompas.com - 03/04/2014, 15:09 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Transparency International Indonesia (TII) meluncurkan situs web www.checkyourcandidates.org sebagai panduan bagi para pemilih muda untuk menentukan suaranya saat pemilu 2014.

Menurut Wawan Suyatmiko, Ketua Koordinator Program Knowledge Management TII, situs ini sebagai bentuk upaya mendekatkan pemilih muda dalam mengenali calon anggota legislatif (caleg) di daerah pemilihannya.

"30 persen pemilih adalah anak muda. Mereka sudah gak gaptek lagi. Akhirnya muncul gagasan 'bagaimana kalo kita ikut mengenalkan caleg'," ujar Wawan saat peluncurannya di Wisma Emha, Jakarta Selatan, Minggu (31/3/2014) lalu.

Ia menuturkan, situs ini menampilkan 410 caleg yang berusia di bawah 40 tahun. Alasannya, menurut Wawan, caleg muda memiliki kedekatan emosional dengan pemilih muda. Selain itu, ia juga mengatakan, menurut koresponden pemilih muda, mereka cenderung memilih caleg muda, dibandingkan caleg yang berusia di atas 40 tahun atau yang pernah menjabat sebelumnya (incumbent).

Menurut surveinya juga, pemilih muda cenderung memilih caleg di bawah 40 tahun karena mereka diharapkan membawa ide atau gagasan baru untuk perubahan.

Sumber data caleg, menurut Wawan, didapat dari KPU. Sedangkan data tambahan, Wawan menyebutkan, mengenai prestasi atau pemberitaan, didapat dari media sosial. Pihaknya juga berusaha menampilkan daftar harta kekayaan caleg incumbent.

Wawan menjelaskan, untuk sementara, situs checkyourcandidate.org hanya menampilkan para caleg di Pulau Jawa. Menurutnya, ini disebabkan, pemilih lebih banyak berdomisili di Pulau Jawa dan mereka lebih "melek" internet.

Pengunjung situs yang setiap harinya mencapai 2.000 orang ini, menurut Wawan, dapat memberi komentar atau memberi bintang pada laman caleg-caleg tertentu. Wawan juga mengatakan, situs ini terbuka bila ada pengunjung yang menampilkan data. Namun sebelumnya, pengunjung harus login terlebih dahulu.

Ketika ditanya mengenai kecurangan oleh caleg, Wawan menjawab, hal tersebut diserahkan pada masyarakat atau pengunjung. Karena menurutnya, jika caleg tidak bersih, nantinya ada pengunjung yang menampilkan data. Ia menyebutkan, selain menjadi database, situs ini juga disediakan sebagai forum diskusi.

"Ketika ada yang enggak setuju, dia bisa langsung berkomentar di situ," kata Wawan.

Sementara itu, beberapa caleg-caleg muda yang ada pada situs checkyourcandidates.org antara lain, Prita Mulyasari pada Dapil Banten III dari PDI-P, Idham Arsyad pada Dapil Jabar V dari PKB, Rieke Diah Pitaloka pada Dapil Jabar VII dari PDI-P, dan Desy Ratnasari pada Dapil Jabar IV dari PAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com