Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Anti-maling iOS 7 Bisa Dimatikan Pencuri

Kompas.com - 07/04/2014, 14:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber 9to5mac
Ilustrasi

KOMPAS.com - Ponsel pintar iPhone dari Apple menyediakan aplikasi "Find My iPhone" yang bisa melacak posisi ponsel yang bersangkutan, apabila dicuri dari tangan si empunya perangkat.

Fitur ini bisa diakses lewat menu pengaturan iCloud, tapi hanya bisa dimatikan dengan memasukkan password Apple ID. Maling iPhone pun mati kutu. Ponsel pintar tersebut tidak bisa di-reset, akun Appe ID dan iCloud tak bisa diganti.

Namun, sebuah kelemahan fatal yang baru-baru ini ditemukan oleh pengguna YouTube bernama Miguel Alvarado telah membuyarkan fitur keamanan itu.

Sebagaimana dilaporkan oleh 9to5mac, yang harus dilakukan adalah hanyalah pergi ke pengaturan iCloud, pilih tombol "delete account" dan switch untuk mematikan Find My iPhone pada saat bersamaan, yang sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan.

Ketika diminta memasukkan password, tekan tombol power dan matikan iPhone. Begitu iPhone dihidupkan kembali, siapapun bisa masuk ke setting iCloud dan menghapus akun tanpa dimintai password.

Langkah yang bisa dilakukan setelah itu adalah melakukan restore ponsel dengan iTunes. iPhone pun menghapus semua data dan pengaturan serta kembali ke kondisi default. Activation Lock tak akan muncul ketika ponsel di-restore karena fungsi tersebut membutuhkan fitur Find My iPhone dalam keadaan aktif.

Detail langkah-langkah tersebut bisa dilihat pada video di bawah. Karena telah mengemuka ke publik, Apple seharusnya sedang mencari cara untuk memperbaiki masalah ini. Berita bagusnya untuk memperketat keamanan, mengunci layar dengan passcode masih bisa dipakai agar orang selain pengguna tak bisa mengakses perangkat sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com