Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antivirus Palsu Jadi Aplikasi Top Android

Kompas.com - 09/04/2014, 08:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Program anti-virus palsu Virus Shield sempat bercokol di urutan teratas tangga aplikasi berbayar Google Play Store
KOMPAS.com - Malware yang merajalela di platform Android menjadi momok tersendiri bagi para pengguna. Ketakutan ini rupanya dimanfaatkan oleh seorang pengembang aplikasi untuk meraih untung dengan cara menipu.

Caranya adalah dengan membuat aplikasi anti-virus palsu bernama Virus Shield. Celakanya, aplikasi berbayar ini "berhasil" menjadi salah satu judul terpopuler di toko Google Play Store dengan rating mencapai 4,7 bintang.

Padahal, menurut penelusuran yang dilakukan Android Police, aplikasi tersebut sebenarnya tak melakukan apa-apa di perangkat pengguna, apalagi melindungi dari serangan virus.

Setelah membedah kode aplikasi yang bersangkutan, Android Police menemukan bahwa Virus Shield hanya menampilkan tanda "X" lalu mengubahnya menjadi tanda centang ketika "pemeriksaan" sudah selesai dilakukan.

Android Police Tampilan aplikasi Virus Shield saat dijalankan. Program ini tak melakukan apapun selain menampilkan tanda X dan centan
Pengembangnya yang mengaku bisa dikontak di alamat "Jesse_Carter@live.com" pun tak bisa dihubungi. Sayang, banyak orang sudah terlanjur tertipu dengan mengunduh aplikasi berbayar yang dihargai 3,99 dollar AS ini.

Hingga Minggu (6/4/2014) kemarin, Virus Shield tercatat sudah mengoleksi angka unduhan lebih dari 10.000 dan bercokol urutan pertama aplikasi berbayar terpopuler di Google Store dalam waktu hanya satu minggu.

Untuk menarik pengguna, pembuat Virus Shield menuliskan klaim-klaim seperti "bisa melindungi secara real-time", "hemat baterai" dan "tidak dijejali iklan". Disinyalir pula bahwa dia membubuhi sejumlah review palsu di awal yang bernada positif.

Para pengunduh Virus Shield yang tak sadar telah ditipu kemudian memberikan review positif sehingga aplikasi ini berhasil meraih poisisi teratas tangga aplikasi berbayar baru. Tak kurang 2.600 pengguna merekomendasikan program palsu tersebut di Play Store.

Virus Shield kini telah dihapus dari Play Store. Namun, siapapun pembuatnya mungkin sudah berhasil membawa lari uang sebesar puluhan ribu dollar AS dengan menyalahgunakan keterbukaan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com