Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony A7S, Kamera Mirrorless Spesialis Kondisi Gelap

Kompas.com - 10/04/2014, 12:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Menyusul Alpha 7 dan Alpha 7R yang telah lebih dulu dirilis, Sony memperkenalkan kamera mirrorless baru bernama Alpha 7S (a7S).

Seperti dua pendahulunya, di balik bentuk retro a7S tertanam sebuah sensor penangkap gambar berukuran full-frame (36 x 24mm). Perbedaan mendasar terletak pada tingkat resolusi yang ditawarkan kamera baru ini.

A7S hanya memiliki resolusi sebesar 12 megapixel, jauh lebih kecil dibandingkan Alpha 7 (24 megapixel) dan Alpha 7R (38 megapixel).

Akan tetapi, sebagaimana dikutip dari PetaPixel, angka resolusi yang rendah tersebut dimaksudkan agar a7S memiliki kemampuan menangkap gambar dalam kondisi cahaya gelap yang mumpuni.

Rentang sensitivitas sensor a7S, misalnya, berada pada kisaran ISO 50-409.600, termasuk sangat tinggi untuk kamera saat ini.

Suffix "S" pada a7S memang mengacu pada kata "sensitivity", untuk menggaris bawahi kapabilitas low-light dari perangkat bersangkutan.

Ukuran tiap piksel pun bisa dibuat lebih besar sehingga meningkatkan rentang tangkapan dynamic range, gradasi, dan akurasi warna.

Sony a7S juga mampu merekam video 4K, namun tidak secara internal melainkan butuh recorder eksternal yang tersambung melalui kabel HDMI.

Belum ada infromasi mengenai harga dan jadwal ketersediaan Sony a7S. Dua hal tersebut baru akan diumumkan sekitar pertengahan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com