Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Printer 3D Murah akan Diproduksi Massal

Kompas.com - 12/04/2014, 17:09 WIB
M3D berhasil mengumpulkan dana 1 juta dollar AS melalui Kickstarter yang akan dipakai untuk memproduksi printer tiga dimensi dengan harga terjangkau.

Perusahaan ini memerlukan waktu 28 hari untuk meraup 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 11 miliar.

Tadinya target awal M3D adalah mengumpulkan dana sebesar 50.000 dollar AS.

Para donatur awal akan bisa mendapatkan printer tersebut hanya dengan harga 199 dollar AS (sekitar Rp 2,2 juta) dan donatur lain akan mendapatkan printer dengan harga 300 dollar AS (Rp3,4 juta).

Printer tiga dimensi yang diberi nama Micro ini menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mencari dan memindahkan objek untuk dicetak.

Dengan ukuran 18,5 cm persegi dan berat satu kilogram, perangkat ini akan mudah dipindahkan. Printer ini bisa beroperasi menggunakan Windows, Mac, atau Linux.

Tersedia bulan Agustus

Dalam penjelasan di situs Kickstarter, para pembuat memaparkan bahwa misi mereka adalah membuat printer tiga dimensi ini bisa diakses oleh masyarakat umum.

"Harga yang lebih ekonomis menjadi kunci utama bagi masyarakat untuk membeli printer tiga dimensi. Tidak banyak orang yang bisa menjangkau harga 2.000 dollar AS," kata pengamat teknologi Joris Peel.

Namun dengan harga 500 dollar AS atau 300 dollar AS orang-orang akan bersedia membeli printer ini, tambah Peel.

M3D mengatakan akan mulai mendistribusikan printer ini bulan Agustus.

Kickstarter -situs yang membuka kesempatan kepada publik untuk menyumbangkan dana bagi proyek-proyek kreatif- berperan besar menghidupi beberapa proyek teknologi, termasuk perangkat virtual Oculus Rift yang baru saja dibeli oleh Facebook seharga 2 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com