Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Turun, Penjualan PC Membaik di Awal 2014

Kompas.com - 14/04/2014, 14:31 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Pengiriman komputer pribadi (personal computer-PC) ke seluruh dunia pada kuartal pertama 2014 mengalami penurunan, terutama di pasar negara berkembang di tengah tren perangkat mobile yang membuat konsumen cenderung memilih ponsel pintar atau tablet.

Lembaga riset Gartner mencatat, angka penjualan komputer pribadi pada kuartal pertama 2014 menjadi 76,6 juta unit atau turun 1,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, lembaga riset IDC mencatat anga pengiriman komputer pribadi menjadi 73,4 juta unit atau turun 4,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Analis Mikako Kitagawa dari Gartner mengatakan, data tersebut menunjukan tanda-tanda yang membaik atas penjualan komputer pribadi. "Sementara pasar PC masih lemah, meski menunjukkan tanda-tanda membaik dibandingkan tahun lalu," kata Kitagawa.

Ia mencatat, pengiriman komputer pribadi sempat turun 6,9 persen pada kuartal keempat 2013 dan turun 10 persen di sepanjang 2013.

Gartner dan IDC mengatakan, peningkatan penjualan komputer pribadi pada kuartal ini dibantu oleh pembelian unit komputer baru oleh segmen korporasi menjelang berakhirnya dukungan teknis atas sistem operasi Windows XP.

Menurut Gartner, pengiriman komputer pribadi di Amerika Serikat berjumlah 14,1 juta unit, atau naik 2,1 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara pengiriman ke kawasan Asia Pasifik hanya 24,9 juta unit atau turun 11 persen.

Lenovo masih menjadi produsen komputer pribadi terbesar pada kuartal pertama 2014 dengan pangsa pasar yang naik jadi 17,7 persen, menurut IDC. Hewlett-Packard (HP) berada di peringkat kedua dengan 17,1 persen, lalu diikuti oleh Dell dengan 13,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com