Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden "Bantu" Dua Media AS Raih Pulitzer

Kompas.com - 15/04/2014, 15:59 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com -- Dua media ternama dari Inggris dan Amerika Serikat, The Guardian dan The Washington Post, mendapatkan penghargaan Pulitzer atas upaya keduanya memberitakan aktivitas mata-mata NSA dari dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden.

Penghargaan Pulitzer ditujukan untuk sejumlah wartawan ke dua media tadi karena telah mengangkat topik tersebut. The Guardian dan The Washington Post memang media yang gencar memberitakan aktivitas intelijen NSA yang dianggap melanggar privasi pengguna layanan internet.

Dokumen yang mengungkap spionase yang dilakukan AS tersebut pertama kali dibocorkan oleh Edward Snowden, mantan karyawan CIA dan kontraktor bagi NSA, lebih kurang 10 bulan yang lalu.

Berita-berita tentang cara NSA memata-matai pengguna internet yang ditulis oleh The Guardian dan The Washington Post oleh sejumlah kalangan dianggap sebagai jurnalisme yang penting pada masa seperti sekarang ini.

Komite Pulitzer mengatakan bahwa pemberitaan kedua media tersebut yang agresif telah memunculkan banyak perdebatan tentang bagaimana seharusnya hubungan antara pemerintah dan masyarakatnya, terutama jika menyangkut privasi dan keamanan.

"Laporan-laporan itu membantu masyarakat mengetahui gambaran seperti apa kerangka keamanan nasional di tingkat yang lebih besar lagi," ujar pernyataan resmi komite Pulitzer, seperti dikutip BBC, Senin (14/4/2014).

Snowden sendiri sebagai whistleblower dalam pernyataannya yang dimuat oleh harian The Guardian mengatakan, "Penghargaan ini menjadi pengakuan dan pemulihan nama baik bagi siapa saja yang percaya bahwa publik seharusnya memiliki peranan dalam pemerintahan."

Snowden juga memuji para jurnalis yang dengan berani dan bersusah payah memberitakan perihal tersebut, walau dalam aktivitasnya selama itu mereka berada di bawah intimidasi. Tak hanya mereka, tetapi juga teman dan kerabatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com