Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan Google Rebutan "Game" Eksklusif

Kompas.com - 23/04/2014, 11:46 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Antara Apple dan Google bersaing untuk mengikat pengembang aplikasi agar membuat game eksklusif di platform mereka, menurut laporan The Wall Street Journal. Pengembang game yang diincar antara lain adalah Electronic Arts, Gameloft, dan ZeptoLabs.

Apple dan Google berlomba merayu dan memberi penawaran menarik kepada pengembang game yang mau menjadi mitra eksklusif mereka. Salah satu penawaran yang diberi adalah menempatkan game eksklusif pada kolom strategis di toko aplikasi. Langkah ini dianggap mampu meningkatkan jumlah unduhan terhadap aplikasi atau game eksklusif.

Namun, pengembang diminta agar game terbaru buatannya hadir lebih dulu pada salah satu platform, dan memberi jarak beberapa bulan untuk meluncurkan game di platform lainnya.

Apple, misalnya, menjalin kerja sama eksklusif dengan ZeptoLabs untuk game Cut the Rope 2. Game tersebut muncul lebih dulu di toko aplikasi Apple App Store pada Desember 2013, barulah tiga bulan kemudian game itu hadir di Android.

Baik Google dan Apple semakin sadar bahwa konten merupakan hal penting untuk merayu konsumen menggunakan perangkat buatan mereka.

Sejauh ini Apple selalu mendapatkan eksklusivitas dari para pengembang. Namun, Android tidak bisa dipandang sebelah mata. Sistem operasi robot hijau ini tumbuh cepat diadopsi oleh semua segmen pasar hingga menguasai pasar ponsel pintar dan tablet di dunia.

Pengembang berpikir dengan membuat game di platform Android akan bermanfaat untuk menambah jumlah pengguna dan meningkatkan pendapatan mereka.

Sementara itu, sejumlah pengembang aplikasi dan game menolak usaha Google dan Apple atas langkah eksklusivitas karena dinilai ada unsur “pilih kasih.” Langkah itu juga disinyalir bakal memengaruhi proses editorial pemilihan game/aplikasi yang direkomendasikan, bahkan yang masuk kategori terpopuler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com