Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Tak Kesulitan Raup Iklan dari "Mobile"

Kompas.com - 28/04/2014, 14:30 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook terus mengalami pertumbuhan dari sisi jumlah pengguna yang mengakses layanan dari perangkat ponsel, bahkan kini mengalahkan pengakses dari PC.

Meski lebih banyak diakses dari perangkat mobile, Facebook tetap bisa meraup pendapatan dari iklan. Pendapatan Facebook dari berjualan iklan di perangkat mobile justru meningkat.

Dalam laporan kuartal pertama 2014, Facebook mengatakan ada 1,28 miliar penguna aktif tiap bulannya yang memakai layanan itu. Dari jumlah tersebut, lebih dari 1 miliar pengguna mengakses Facebook dari ponsel.

Angka pengguna Facebook yang mengakses dari ponsel meningkat 34 persen dibandingkan tahun 2013, di mana sekitar 751 juta pengguna mengakses dari ponsel.

Facebook berusaha keras membuat pengguna nyaman mengakses layanan dari aplikasi ataupun situs web yang dioptimalkan di perangkat mobile. Pertumbuhan ini membawa optimisme bagi investor.

Saat menjual saham perdananya kepada publik pada Mei 2012, Facebook masih memfokuskan layanannya untuk komputer pribadi (PC desktop).

Para investor mendesak Facebook mengoptimalkan layanan di perangkat mobile karena tren komputasi masa depan akan mengarah ke perangkat mobile, baik ponsel pintar maupun komputer tablet.

Bukan hanya berhasil meningkatkan jumlah pengguna, Facebook juga sukses meningkatkan pendapatan perusahaan dari berjualan iklan.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu, melaporkan, pendapatan mereka pada kuartal pertama 2014 mencapai 2,5 miliar dollar AS dengan laba bersih 1,07 miliar dollar AS. Sekitar 59 persen dari total pendapatan itu berasal dari iklan di perangkat mobile.

Pendapatan Facebook di kuartal pertama ini tumbuh 72 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013, sebesar 1,45 miliar dollar AS, dan laba bersihnya tumbuh tiga kali lipat dari 373 juta dollar AS di periode yang sama 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com