Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Aplikasi Juara "Hackathon" Jakarta

Kompas.com - 30/04/2014, 09:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Suasana Hackathon Jakarta (#hackjak 2014) di Hotel Harris, Tebet, Jakarta, Sabtu (26/4/2014).

KOMPAS.com - Hackathon Jakarta atau #HACKJAK telah selesai digelar akhir minggu lalu, 26-27 April 2014, di Jakarta. Kompetisi ini mengajak para pengembang aplikasi (developer) untuk mengembangkan aplikasi berbasis dua jenis Open Data yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu data trayek angkutan umum darat dan APBD 2014.

Aplikasi-aplikasi yang dihasilkan dari kompetisi ini diharapkan mampu mendayagunakan dua jenis Open Data tersebut sehingga  memberi manfaat langsung bagi masyarakat, disamping mempermudah pengawasan kerja Pemprov DKI oleh publik.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, dari 200 peserta yang mendaftar di #HACKJAK, sebanyak 132 hadir di lokasi acara dan menghasilkan 53 aplikasi. Jumlah tersebut disaring untuk memilih empat pemenang utama dan dua juara favorit. Berikut ini daftarnya.

Juara 1: Awasi, Pelajari Belanja Daerah (APBD)
Aplikasi ini menyajikan informasi bagi warga yang ingin mempelajari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dalam tampilan desain yang menarik.

Tersedia pula fitur untuk mengawasi penggunaan anggaran dan melaporkan adanya kejanggalan.

Juara 2: PANTURA
PANTURA menampilkan data-data APBD DKI Jakarta yang bisa ditelusuri memakai kata kunci. Publik juga dapat berkontribusi menambah data dengan cara menyumbang hasil pantauan realisasi budget.

Bisa dengan cara memotret, membubuhi titik koordinat, dan mengungkapkan kesan apabila realisasi yang bersangkutan berjalan dengan baik atau butuh perhatian.

Juara 3: APPAJA
Mengangkat tema transportasi publik, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan warga DKI yang akan bepergian dengan angkutan umum. APPAJA menampilkan nama-nama angkutan yang tersedia untuk rute-rute tertentu.

APPAJA turut memasukkan indikator tingkat kepadatan shelter Transjakarta dan memberikan notifikasi pada penumpang apabila sudah mendekati shelter tujuan.

Juara 4: KIRI HACK JAK
Masih dengan tema transportasi, KIRI HACK JACK menunjukkan rute angkutan dari satu tempat ke tempat lain. Pengguna bisa melihat angkutan umum apa saja yang tersedia serta tempat wisata apa yang terdekat dari lokasi.

Apabila pengguna ingin membeli sesuatu, maka aplikasi ini bisa mencarikan lokasi penjualan barang dimaksud dengan memasukkan kata kunci.

Juara Favorit

JAK APBD
Bermaksud membuka APBD DKI Jakarta hingga setransparan mungkin, JAK APBD memperlihatkan perkembangan realisasi program Pemprov DKI, lengkap dengan foto. Warga juga bisa menyalurkan aspirasi untuk pembangunan di DKI.

WAY BEE
Aplikasi ini mengajak warga Jakarta meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan bus Transjakarta. WAYBEE menampilkan perbandingan waktu tempuh dan biaya yang diperlukan untuk pergi ke suatu tujuan, antara memakai kendaraan pribadi dan bus Transjakarta.

Ada juga perbandingan jumlah kalori tubuh yang dibakar dengan memakai dua moda transportasi itu. Pengguna bisa melaporkan kerusakan jalan yang ditemui langsung ke Pemprov DKI.

Keempat pemenang utama berhak memperoleh hadiah uang dengan nilai total lebih dari Rp 50 juta, sementara dua juara favorit masing-masing mendapatkan laptop MacBook Pro 13 inci.

Aplikasi-aplikasi pemenang dihararapkan akan dikembangkan lebih lanjut oleh Pemprov DKI Jakarta selaku penyelenggara dan segera tersedia di toko-toko aplikasi mobile seperti Google Play Store, Apple App Store, Windows Store, dan/ atau BlackBerry App Store sesuai pilihan platform masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com