Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilepas HTC, Beats Audio Ditawar Apple Rp 37 Triliun

Kompas.com - 09/05/2014, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo Beats Audio di punggung salah satu model smartphone HTC

KOMPAS.com - Usai berpisah HTC dalam bentuk pelepasan saham pada September tahun lalu, muncul kabar bahwa Beats Audio akan "dipinang" oleh Apple.

Sebuah laporan Financial Times menyebutkan bahwa perusahaan audio yang dibentuk oleh legenda hip-hop Dr. Dre itu akan diakusisi Apple seharga 3,2 miliar dollar AS atau hampir Rp 37 triliun.

Kedua belah pihak kabarnya masih dalam proses negosiasi yang dijadwalkan selesai pada minggu depan. Baik Apple maupun Beats Audio menolak berkomentar..

Apabila nantinya benar terjadi, maka pembelian Beats  akan menjadi akuisisi dengan nilai terbesar bagi Apple yang belum pernah merogoh kocek lebih dari 1 miliar dollar AS untuk membeli perusahaan lain.

Sejumlah pihak bertanya-tanya mengenai alasan Apple di balik akusisi tersebut. Forbes berspekulasi bahwa Apple mengincar layanan streaming Beats Music dan talenta di Beats untuk memperkuat bisnisnya sendiri.

Kabar rencana akuisisi Beats Audio oleh Apple terdengar agak ironis karena dua pendiri Beats, Dr. Dre dan Jimmy Iovine, membentuk perusahaan itu karena kecewa dengan penurunan kualitas audio (MP3) yang didorong oleh iPod bikinan Apple.

Saham Beats Audio sempat dibeli sebanyak 50,1 persen oleh HTC pada 2011 senilai 300 juta dollar AS. Kedua perusahaan lalu berkolaborasi menerapkan produk audio pada sejumlah model smartphone HTC.

Namun, kerjasama tersebut gagal membuahkan nilai tambah berarti hingga pada September 2013 lalu HTC menjual kembali seluruh saham Beats yang dimilikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com