Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Samsung Cocok untuk Bunuh Apple?

Kompas.com - 10/05/2014, 08:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Iklan Samsung Galaxy S5 yang baru diluncurkan ternyata menjadi iklan yang dianggap paling tepat sasaran oleh lembaga Ace Matrix. Efektivitas iklan tersebut bahkan disebut menyaingi iklan fitur FaceTime Apple yang diluncurkan pada 2010 lalu. Benarkah demikian?

Ace Matrix adalah lembaga analis yang mengukur efektivitas setiap iklan yang ditampilkan, baik di televisi maupun di media lainnya, termasuk digital. Menurut dia, iklan yang berjudul "Everything Better" tersebut berhasil menyampaikan pesan ke penonton dengan jelas dan gamblang.

Dalam iklan tersebut (baca: Iklan Samsung Cibir Kamera iPhone 5s), Samsung memang secara langsung membandingkan perangkat Samsung Galaxy S5 miliknya dengan iPhone 5s. Samsung mengunggulkan resolusi layar Galaxy S5 yang lebih besar ketimbang iPhone 5s.

Dalam iklan tersebut, selain menyandingkan smartphone milik rival abadinya itu, Samsung bahkan juga memasukkan kata "iPhone" dalam iklannya.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (7/5/2014), Ace Metrix memberikan skor 715 untuk iklan Samsung tersebut. Angka ini sedikit lebih tinggi dibanding iklan smartphone kebanyakan yang skor rata-ratanya adalah 583.

Skor tersebut didapat Ace Metrix dari mengumpulkan data wawancara konsumen yang menilai iklan berdasar karakteristik, seperti kemampuan persuasi, daya tarik, informasi, dan relevansi.

Perlu diketahui, iklan Apple iPhone 5s saja dalam parameter Ace Metrix hanya mendapatkan skor 638. Skor tersebut menjadi yang tertinggi yang pernah diraih Apple hingga kini.

Menurut Ace Metrix, iklan tersebut memang mampu menggaet banyak perhatian, tetapi gagal dalam menyampaikan informasi yang cukup, dan tingkat relevansinya kurang.

Walau demikian, konsultan pemasaran Chris Matyszczyk menulis di situs Cnet yang intinya adalah, Ace Metrix tentu lebih mengunggulkan Samsung karena perusahaan raksasa Korea tersebut menjadi salah satu kliennya.

Matyszczyk menunjukkan tautan yang menunjukkan bahwa pada tahun 2012 lalu, Samsung mulai menggunakan jasa layanan Ace Metrix untuk membantu menganalisis dan membuat iklan yang efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com