Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Umur" Windows Phone 8.1 Hanya 36 Bulan?

Kompas.com - 12/05/2014, 13:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Windows Phone 8.1 yang baru dirilis dalam versi developer preview bulan lalu akan resmi diluncurkan Microsoft dalam beberapa minggu ke depan. Microsoft juga telah menetapkan siklus umur sistem operasi mobile-nya tersebut.

Windows Phone 8.1 untuk publik dikabarkan Phone Arena (11/5/2014) akan segera dirilis di China paling cepat minggu depan. Nokia Lumia 630 akan menjadi perangkat pertama yang akan mengusungnya.

Menurut Microsoft, Windows Phone 8.1 akan segera mendapatkan dukungan dari perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut mulai 24 Juni 2014. Microsoft juga telah menetapkan kapan dukungan terhadap Windows Phone 8.1 tersebut berakhir.

Dari rilis yang dibuat oleh Microsoft di blog-nya, dukungan terhadap Windows Phone 8.1 akan berakhir pada 11 Juli 2017 nanti. Dengan demikian, Windows Phone 8.1 hanya akan beredar di pasaran selama 36 bulan, termasuk update OS dan dukungan security update.

Microsoft mengatakan, update terbaru nantinya akan dibuat berdasar update sebelumnya. Artinya, untuk bisa memasang update terbaru, pengguna sudah harus memiliki update sebelumnya yang dirilis Microsoft.

Walau demikian, Microsoft juga mengatakan bahwa update sistem operasinya juga akan ditentukan oleh pabrikan pembuat Windows Phone atau operator seluler pengusungnya.

Sementara itu, dukungan sistem operasi Windows Phone lama, model 7.8 akan dihentikan Microsoft pada 9 Spetember 2014 nanti.

Informasi mengenai siklus dukungan Microsoft terhadap sistem operasi mobile-nya tersebut bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com