Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeroan iPad Paling Banyak dari Samsung

Kompas.com - 13/05/2014, 12:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple memang masih mengandalkan Samsung untuk memasok komponen-komponen perangkatnya, tak terkecuali tablet iPad-nya. Bahkan, kuartal I 2014 lalu, Samsung menjadi pemasok komponen terbesar bagi Apple.

Walau keduanya saling berseteru di pengadilan terkait hak paten, namun Apple dan Samsung tetap menjalin kerja sama erat dalam hal suplai komponen, seperti prosesor dan layar untuk iPhone dan iPad.

Dikutip dari Cnet (11/5/2014), lembaga peneliti pasar DisplaySearch mengatakan, Samsung Display tetap menjadi pemasok panel layar nomor satu bagi iPad.

Di kuartal I 2014 lalu, Samsung telah mengirim 5,2 juta unit panel layar ukuran 9,7 inci dengan resolusi 2.048 x 1.536 pixel. Panel layar tersebut digunakan untuk komponen iPad Air dan iPad with Retina Display.

Bahkan, menurut laporan situs BrightWire, jumlah pengiriman panel untuk Apple tersebut berkontribusi sebesar 62 persen dari total jumlah pengiriman Samsung Display.

LG Display yang juga menjadi pemasok panel layar untuk perangkat Apple, di sisi lain jumah pengirimannya justru menurun. Pasokan LG Display dengan ukuran dan resolusi yang sama untuk Apple pada tahun ini hanya 38 persen, dibanding 61 persen pada tahun 2013.

Sayangnya, Apple baru saja mengumumkan bahwa penjualan iPad turun 15,9 persen pada kuartal kedua 2014, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selain komponen layar, Samsung juga menjadi pemasok prosesor bagi hardware Apple. Produksi prosesor generasi terbaru A8 menurut lembaga VLSI Research juga diprediksi akan tetap dipercayakan kepada Samsung. Begitu juga untuk prosesor-prosesor Apple selanjutnya setelah A8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com