Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Komponen Google Glass Cuma Rp 1,5 Juta?

Kompas.com - 14/05/2014, 10:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com — Kacamata pintar Google Glass yang telah dijual secara terbatas secara online beberapa saat lalu, dengan banderol harga 1.500 dollar AS, diprediksi dibuat dari komponen yang harga totalnya lebih kurang 150 dollar AS saja.

Perkiraan tersebut diungkapkan oleh lembaga peneliti pasar IHS yang mempreteli komponen-komponen dalam Glass, dan mencoba menghitung ongkos produksinya.

Menurut IHS, seperti dikutip dari Recode, Senin (12/5/2014), Glass ternyata dibuat dari komponen yang siap pakai, dalam arti Google tidak perlu membuatnya lagi, tinggal dirakit saja.

Prosesor dan komponen penting lainnya pun diprediksi UHS merupakan komponen yang diproduksi sejak lama, tahun 2012 lalu.

Secara keseluruhan, harga semua komponen (bill of materials) yang dipakai untuk membuat Glass menurut IHS hanya sekitar 132,47 dollar AS, ditambah biaya perakitan yang dibebankan untuk masing-masing perangkat sebesar 20 dollar AS.

Komponen yang paling mahal dari Glass menurut IHS adalah rangka titanium yang melingkar di kepala penggunanya. Harga komponen tersebut diestimasi 22 dollar AS per unit.

Sementara itu, komponen utamanya, yang berupa layar silikon, diestimasi seharga 20 dollar AS. Untuk prosesor, Glass menggunakan chip OMAP4 buatan Texas Instruments, yang berbasis prosesor ARM Cortex A9. Harganya sekitar 8,85 dollar AS.

Lalu jika ongkos produksinya hanya 150 dollar AS, mengapa Google sampai menjualnya di kisaran 1.500 dollar AS?

Menurut analis IHS, Andrew Rassweiler, banyak komponen Glass yang tidak dimasukkan dalam hitung-hitungan di atas, seperti kotak wadah yang mulus, penyimpan kacamata yang dijahit secara custom, dan charger yang juga custom dan tampak mewah.

Sebelumnya, situs Teardown.com juga mengklaim telah mempreteli komponen Google Glass dan menghitung harga masing-masing komponennya. Menurut Teardown.com, total harga komponen untuk membuat Google Glass hanya 80 dollar AS.

Menanggapi hal di atas, juru bicara Google Glass mengatakan, "Kami menghargai apa yang dilakukan oleh IHS dan Teardown.com. Namun, perkiraan mereka salah," ujarnya. "Harga produksi Google Glass lebih tinggi dari estimasi tersebut," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com