Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel untuk Tunanetra Mulai Dijual

Kompas.com - 18/05/2014, 15:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BBC
OwnFone mulai menjual ponsel Braille bagi penyandang tuna netra
KOMPAS.com -- Perusahaan telekomunikasi Inggris, OwnFone, pada Jumat (16/5/2014) lalu mengklaim telah menjual ponsel braille pertama di dunia. Ponsel ini ditujukan bagi tunanetra dan pengguna lain yang memiliki keterbatasan visual.

Dikutip BBC, walau sebelumnya sudah banyak pabrikan yang membuat ponsel dengan huruf Braille, OwnFone mengklaim sebagai pihak yang pertama kali menjual ponsel tersebut.

Desain ponsel itu sendiri terlihat sederhana. Bagian depan dan belakang dibuat dengan menggunakan teknik cetak 3D dan bisa dikustomisasi. Huruf dan tombol-tombol di keypad dicetak timbul dengan menggunakan huruf braille.

"3D printing memungkinkan cara yang cepat dan efektif dalam membuat tombol dengan huruf braille," ujar pembuat ponsel braille ini, Tom Sunderland.

"Ponsel ini juga bisa dipersonalisasi dengan dua atau empat tombol braille yang telah diprogram untuk menelepon teman, keluarga, pekerjaan, atau layanan darurat," ujar Sunderland.

Ponsel tersebut kini baru tersedia di Inggris. OwnFone menjual ponsel tersebut dengan banderol harga 60 poundsterling atau sekitar Rp 1,2 juta.

Walau ponsel buatan OwnFone ini menjadi yang pertama dijual secara umum, tetapi ide ponsel bagi penyandang tunanetra sebenarnya sudah ada sejak lama.

Sebelumnya, pada tahun 2013, sebuah perusahaan rintisan asal India yang bernama Kriyate  pernah membuat prototipe smartphone yang menggunakan huruf braille. Smartphone tersebut memiliki layar yang menampilkan huruf braille dan bisa ditekan, serta memberikan respons balik dengan suara atau getaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com