Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lean Startup Machine Indonesia Sukses Digelar

Kompas.com - 19/05/2014, 16:49 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lean Startup Machine, sebuah workshop mengenai metodologi bisnis yang memfokuskan pada proses validasi ide dan riset pasar bagi pelaku bisnis kreatif dan digital, untuk pertama kalinya sukses diselenggarakan di Indonesia. Kegiatan yang telah diselenggarakan di lebih dari 20 negara di dunia ini dipelopori oleh Javelin dengan mengangkat metode Lean Startup yang diciptakan oleh Eric Ries.

Bertempat di Universitas Multimedia Nusantara, Lean Startup Machine Indonesia sukses diorganisir oleh Act! Digital Agency dan Skystar Ventures, Bisnis Inkubator UMN. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari 9 hingga 11 Mei 2014.

Fokus kegiatan ini adalah mengajarkan para pendiri perusahaan tentang proses penciptaan ide bisnis baru serta pengarahan secara langsung dari para mentor. Hal ini sejalan dengan tagline Lean Startup Machine, yaitu “Fail Fast, Succeed Faster” yang mengharuskan peserta untuk menciptakan ide, menggali potensi, dan memvalidasi ide mereka melalui pencarian riset pasar secara cepat dan terjun langsung.

Di akhir kegiatan, para mentor dan juri tamu Lean Startup Machine Indonesia menilai masing-masing hasil kegiatan peserta melalui pitching ide bisnis yang telah mereka jalankan selama tiga hari tersebut.

Ngutang.com, sebuah aplikasi pengingat dan penagih utang untuk mempererat silaturahmi, akhirnya dinobatkan sebagai pemenang dari Lean Startup Machine Indonesia 2014.

Selain itu, tiga dari sepuluh ide bisnis yang diajukan dalam Lean Startup Machine Indonesia 2014 mendapatkan respons positif dan siap untuk dikembangkan lebih lanjut untuk direalisasikan secara nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com