Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Axioo Targetkan 5 Besar di Indonesia

Kompas.com - 21/05/2014, 14:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Axioo sebagai brand elektronik lokal, khususnya laptop, di tahun 2014 ini memiliki target untuk bertahan di posisi 5 besar vendor laptop yang bersaing di pasar Tanah Air. Axioo optimis bisa mencapai target tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Bob Suete Labesani, selaku Head of Business Unit IT Device, PT Tera Data Indonusa selaku pemegang merek Axioo di Indonesia dalam seminar "Bagaimana membangun brand lokal di pasar global" di ajang pameran CHIP Fiesta 2014 di Universitas Budi Luhur, Jakarta (20/5/2014).

"Target tahun ini kami ingin mengamankan posisi lima besar di pasar dalam negeri, kami mengincar pangsa pasar 7 hingga 9 persen," demikian ujar pria yang kerap disapa dengan Bob ini.

Diterangkan oleh Bob, tahun lalu Axioo berhasil meraih posisi kelima di belakang Asus, Acer, Lenovo, dan HP. Dan fokus tahun ini adalah untuk mempertahankan prestasi tersebut.

Menyinggung persaingan Axioo dengan vendor-vendor internasional lain, Bob mengatakan Axioo memiliki strategi untuk berkompetisdi di luar pusat (Jakarta).

"Brand lokal yang bersaing di Jakarta itu ibaratnya menggarami air laut," ujarnya. Artinya, usaha yang dilakukan hanya akan berbuah sia-sia.

Karena itu Axioo berkonsentrasi membidik pasar-pasar di daerah. Lagipula, besarnya investasi dan biaya yang dikeluarkan untuk biaya marketing diakui Bob jauh lebih murah dan efektif di daerah-daerah.

"Jika di Jakarta, kami harus mengeluarkan dana sekitar Rp 200-300 juta untuk beriklan di media nasional, namun di daerah, kami hanya butuh biaya 70 juta per bulan untuk memasang baliho-baliho yang tersebar dimana-mana," terang Bob.

Dalam merangkul konsumen baru, Axioo pun memiliki strategi dengan bekerjasama dengan kampus-kampus untuk menyediakan perangkat komputer atau laptop.

"Kami bekerjasama dengan beberapa universitas di Jakarta dalam menyediakan laptop sebagai perangkat pendukung pembelajaran. Dengan demikian, tiap tahunnya kami bisa mendapatkan 200-300 pengguna baru," demikian papar Bob.

Selain bersaing di pasar laptop, Axioo baru-baru ini juga terjun di pasar smartphone dan tablet PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com