Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Siapkan Pembangkit "Gairah" PC Desktop

Kompas.com - 22/05/2014, 09:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com - Popularitas perangkat mobile seakan membuat komputer tradisional kehilangan pesona selama beberapa tahun belakangan. Hal ini akan coba diubah oleh Intel, raksasa chip yang produknya dipakai oleh kebanyakan pabrikan komputer desktop.

"Ada sejumlah produk baru tahun ini yang akan mengembalikan gairah ke desktop," ujar Direktur Pemasaran Intel untuk Wilayah Asia Pasifik dan Jepang, Anuj Dua, dalam wawancara dengan sejumlah media di Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Dua tak merinci apa persisnya produk baru yang dimaksud, tapi ia menyebutkan contoh sejumlah form factor desktop yang bebeda dari tipe tower komputer tradisional.

"Bayangkan komputer tipe All-in-One, konsumen nanti bisa memandangnya sebagai PC desktop ketika dibutuhkan dan TV ketika diinginkan, bayangkan ketika teknologi itu menghampiri rumah-rumah yang memang melihat konvergensi dua alat itu," kata Dua.

Dia juga menyebutkan komputer dengan form factor mungil yang disebut Intel sebagai Next Unit Computing atau NUC. Kelas perangkat ini disebut Dua menawarkan kinerja lebih tinggi dibandingkan komputer konvensional namun dalam kemasan yang jauh lebih ringkas.

Dua mengakui bahwa belakangan ini memang tak banyak teknologi anyar yang muncul di segmen desktop. Namun, keadaan itu disebutnya bakal segera berubah. "Ada banyak inovasi baru yang sedang dikembangkan di desktop," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com