Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selfie "Seluruh Dunia", Ukurannya 3,2 Giga

Kompas.com - 27/05/2014, 12:13 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel
Foto hasil akhir #GlobalSelfie dari NASA

KOMPAS.com -- Sebulan lalu, lembaga antariksa NASA mengundang semua orang untuk menjepret foto protret diri atau selfie dan membagikannya lewat media sosial dengan tagar #GlobalSelife.

Para peserta diajak untuk mengambil selfie di lokasi tempat mereka berada pada hari bumi, 22 April 2014. "Where are you on Earth Right Now?" tanya NASA.

"Jawaban" berupa foto-foto selfie lantas dikumpulkan dan disusun menjadi sebuah mozaik berbentuk gambar bumi, seperti dalam foto "Blue Marble" yang ikonik.

Sebagaimana dikutip dari PetaPixel, hasil akhir foto selfie ini dirilis ke publik pada minggu lalu.

Ukurannya memang benar-benar besar, baik dari segi jumlah foto individual mencapai 36.422 buah dari partisipan di 113 negara di lima benua maupun besar file gabungan foto-foto itu yang mencapai 3,2 gigapixel.

NASA Zoom in mosaik gambar bumi pada #GlobalSelfie memperlihatkan foto-foto selfie individu

Semuanya disusun menjadi dua buah gambar bumi berisi puluhan ribu foto tersebut, menggunakan acuan foto planet biru yang diambil satelit NASA saat hari bumi sebagaimana bisa dilihat di atas.

Foto #GlobalSelfie dapat dilihat di laman resmi NASA, di mana disediakan widget yang bisa melakukan zoom in untuk melihat masing-masing foto selfie yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com