Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Mac Tanpa Prosesor Intel?

Kompas.com - 29/05/2014, 11:53 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Ilustrasi komputer desktop bersistem operasi Mac OS dari Apple

KOMPAS.com - Tahun 2005, Apple mengumumkan peralihan prosesor lini komputer Mac dari IBM Power PC ke chip desktop besutan Intel. Hampir sepuluh tahun setelahnya, pergantian itu mungkin akan kembali terjadi.

Kabar terbaru yang dilansir oleh Cnet menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan sejumlah lini komputer Mac berbasis prosesor ARM. Arsitektur ARM selama ini dipakai Apple pada chip gadget mobile buatannya, termasuk iPhone, iPad, dan iPod.

Model-model komputer mac yang dikabarkan bakal berganti prosesor ke ARM antara lain Mac Mini, iMac, dan lini laptop Macbook 13 inci. Komputer-komputet tersebut disinyalir akan menjalankan sistem operasi Mac OS versi lain yang dirancang agar bisa berjalan di atas arsitektur ARM.

Selain itu, Apple juga disebutkan bakal melengkapi Mac berbasis ARM dengan keyboard baru yang memiliki area "Magic Trackpad" berukuran besar.

Ketika mengumumkan iPhone 5S September tahun lalu, Apple memang sempat mengklaim bahwa chip 64-bit A7 (berbasis ARM) yang tertanam di perangkat itu mengusung arsitektur yang "sekelas dengan prosesor desktop".

Situs AnandTech pernah menelusuri chip A7 beberapa waktu lalu dan menemukan bahwa klaim Apple tersebut ternyata ada benarnya.

Jika chip mobile berikutnya (A8) dari Apple dibekali 4 buah inti, maka boleh jadi prosesor tersebut akan memiliki "tenaga" yang memadai untuk menjalankan sebuah sistem Mac low-end, paling tidak secara teoritis.

Tak diketahui apakah Apple benar-benar akan mengalihkan sebagian produk komputernya ke arsitektur ARM atau tidak. Yang jelas, kabar serupa sebenarnya sudah pernah mengemuka beberapa tahun lalu, pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com