Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Beats, Dimiliki HTC hingga Dibeli Apple

Kompas.com - 30/05/2014, 09:15 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Produsen perangkat audio Beats baru berusia delapan tahun, namun mereka berhasil jadi perusahaan yang tumbuh cepat dan menguntungkan. Saham Beats sempat dibeli oleh HTC asal Taiwan, dan kini dibeli oleh Apple dengan harga yang terbilang tinggi.

Berbasis di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Beats resmi didirikan pada 2008 silam oleh penyanyi sekaligus produsen musik rap Dr. Dre dan eksekutif perusahaan rekaman Jimmy Iovine.

Produk andalan mereka adalah headphone dan speaker dengan merek dagang "Beats" dan identik dengan pilihan warna beragam serta logo huruf "b" kecil yang dinamis. Headphone Beats terkenal dengan karakter bass yang kuat. Dre kecewa dengan semua produk headphone yang ada di pasar, karena tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam "mendengarkan musik secara utuh."

Berbekal teknologi tersebut, Beats melisensikan hak paten tersebut kepada perusahaan lain yang hendak mengadopsi teknologi audio mereka.

Beats kemudian melebarkan bisnisnya ke jalur musik streaming berlangganan. Mereka mengakuisisi MOG pada 2012, lalu meluncurkan layanan Beats Music pada 2014.

Popularitas Beats meningkat pesat berkat strategi pemasaran yang jelas, fokus pada positioning produk dan penawaran merek untuk musisi hip-hop dan pop.

Pada tahun 2012, produk Beats menguasai 64 persen pasar di Amerika Serikat untuk headphone dengan harga di atas 100 dollar AS, menurut data NPD Group. Pendapatan mereka tumbuh lima kali lipat antara tahun 2010 sampai 2012. Tahun 2013 lalu, perusahaan ini meraih pendapatan lebih dari 1 miliar dollar AS.

Dimiliki HTC

Pada 2011 lalu, saham Beats sempat dibeli sebanyak 50,1 persen oleh produsen ponsel pintar HTC asal Taiwan senilai 300 juta dollar AS. Kedua perusahaan berkolaborasi mengadopsi teknologi audio pada sejumlah model ponsel Android buatan HTC.

Sayangnya, kolaborasi HTC dan Beats itu nampaknya tidak terlalu berbuah manis. Teknologi Beats dinilai tidak memberi nilai tambah terhadap ponsel-ponsel HTC. HTC memutuskan mengurangi kepemilikan sahamnya menjadi 25 persen di Beats pada tahun 2012.

Hingga pada September 2013, HTC menjual seluruh sahamnya yang tersis. Carlyle Group menggantikan posisi HTC sebagai pemegang saham minoritas bersama Dr Dre dan Iovine.

Beats Electronic Posting Instagram akun resmi Beats Electronic setelah pengumuman resmi rencana akuisisi oleh Apple.
Dibeli Apple

Kabar pembelian Beats oleh Apple tersiar pada 8 Mei 2014 dan pertama kali diwartakan oleh Financial Times. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Apple, namun sejumlah bukti menunjukan bahwa akuisisi tersebut benar-benar akan terjadi.

Sehari setelah itu, Dre dilaporkan telah merayakan kesepakatan akuisisi ini bersama rekan-rekannya, termasuk aktor Tyrese Gibson. Gibson sempat memublikasi video pestanya bersama Dre di Facebook, yang mengatakan bahwa kini Dre masuk dalam daftar "billionaire boys club." Dalam video tersebut, Dre juga menggambarkan bahwa dirinya adalah "miliarder pertama dalam hip-hop."

Video tersebut memang tidak secara eksplisit mengonfirmasi kesepakatan akuisisi Beats oleh Apple. Namun, beberapa jam kemudian, Gibson memutuskan untuk menghapus video tersebut dari akunnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com