Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple: iTunes dan Beats Tetap Terpisah

Kompas.com - 30/05/2014, 11:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Apple telah resmi mengakuisisi Beats. Selanjutnya, Beats disebut Apple akan bekerja terpisah, tetapi paralel dengan layanan musiknya yang ada saat ini, iTunes.

"Dengan akuisisi Beats, maka menjadikan layanan musik kami menjadi lebih baik," terang Apple SVP and iTunes Head Eddy Cue seperti dikutip dari Tech Crunch (28/5/2014).

Selain itu, Cue juga menjelaskan, nantinya konsumen Apple selain bisa melakukan streaming dengan iTunes Radio, juga bisa berlangganan layanan musik Beats, atau membeli musik dari iTunes Store.

Dengan demikian, Apple tidak ingin membuat konsumennya saat ini kaget dengan mengganti model pembelian download musik yang ada saat ini, dan digantikan dengan layanan streaming.

Alih-alih, konsumen yang baru mencoba layanan streaming juga akan memiliki opsi lain dari Apple, jika mereka ingin mengoleksi file musik digital, mereka tetap bisa membelinya dari iTunes.

Jumlah unduhan musik digital sendiri tahun ini diprediksi akan menurun, sementara streaming akan booming. Survei yang dilakukan lembaga Nielsen juga menunjukkan penjualan musik digital turun 6 persen pada tahun 2013.

Bahkan, jumlah penurunan itu makin besar jika membandingkan penjualan musik digital pada kuartal 1 2013 dengan periode yang sama pada tahun 2014, yaitu sebesar 13,3 persen.

Di sisi lain, layanan streaming musik justru tumbuh 32 persen pada tahun 2013. Jadi, penjualan musik digital sudah mulai akan ditinggalkan, sementara streaming mulai digandrungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com