Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Snowden, Software Tiongkok Kian Laris

Kompas.com - 03/06/2014, 10:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com -- Penjualan software buatan Tiongkok dilaporkan meningkat secara signifikan setelah aktivitas mata-mata Pemerintah AS diungkap oleh whistle blower Edward Snowden.

Perusahaan software Neusoft Corp mengatakan kepada Reuters, Jumat (30/5/2014), bahwa pangsa pasar mereka telah meningkat 15 persen dalam dua bulan terakhir sejak 19 Mei 2014, saat US Justice Department menuntut lima pejabat militer Tiongkok meretas perusahaan Amerika untuk menjual informasi rahasia.

Neusoft Corp adalah salah satu penyedia solusi software yang juga menjual produk-produk jaringan dan software keamanan informasi untuk pemerintah dan klien-klien perusahaan pemerintah.

"Bisa dimengerti jika sebuah negara ingin memperkuat keamanan informasi dan cyber sembari menjaga independensi dan kontrol," terang Lu Zhaoxia, Senior Vice President Neusoft.

Pemerintah Tiongkok sendiri saat ini sedang memperketat keamanan jaringannya, terutama untuk sektor energi, transportasi, dan keuangan. Mereka lebih percaya dan mengandalkan software dan hardware buatan Tiongkok.

"Sebelumnya kami menggunakan IBM, Oracle, dan produk jaringan asing lain, ke depannya, kami akan menggunakan lebih banyak lagi software buatan Tiongkok untuk jaringan domestik," terang Lin Shansan, Investor Relations Office di ChinaSoft, yang juga merupakan anak usaha China Electronics Corp.

Adapun China Electronics Corp adalah perusahaan pemerintah yang saat ini sudah memiliki 13 anak perusahaan lain.

Sementara itu, penjualan produk-produk teknologi buatan AS diakui mulai menurun di Tiongkok. Hal itu terjadi setelah dokumen NSA yang berisi kegiatan mata-mata mereka diungkap oleh Edward Snowden.

Dalam salah satu dokumen tersebut terungkap bahwa produk-produk TI buatan AS, seperti server dan router yang akan dijual ke luar AS, ternyata dipasangi penyadap.

Pemerintah Tiongkok pada Agustus lalu juga telah membuat standar keamanan siber untuk institusi-institusi finansial, cloud computing, big data, manajemen sistem informasi rahasia, dan kontrol industri.

Tiongkok juga akan menginvestigasi berbagai provider produk-produk dan layanan TI penting dalam rangka melindungi "keamanan negara" dan "pembangunan sosial dan ekonomi".

Di samping itu, Pemerintah Tiongkok bahkan sampai melarang penggunaan Windows 8 dalam komputer-komputer baru yang dipergunakan oleh instansi-instansi pemerintahannya.

"Keamanan informasi negara akan terancam jika software yang digunakan terdapat virus backdoor dan sejenisnya," ujar Mian Wei, pejabat Kementerian Industri dan Teknologi Informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com