Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Berani Tantang Google dan Dropbox

Kompas.com - 04/06/2014, 08:12 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com -- Apple meluncurkan sistem penyimpanan berbasis komputasi awan terbaru yang diberi nama iCloud Drive untuk menyaingi Google Drive dan Dropbox. Layanan baru Apple ini mirip dengan iCloud, tetapi memberikan pengalaman yang lebih untuk mengontrol file yang disimpan secara online.

iCloud Drive memiliki tampilan antarmuka yang mirip dengan Dropbox dan layanan penyimpanan file lainnya. Pengguna dapat menyortir dan mengatur file mereka sesuai kebutuhan hingga membuat folder.

Setelah dilakukan sinkronisasi, file yang tersimpan di iCloud Drive kemudian dapat diakses dari komputer Mac, serta iPhone dan iPad. Apple menyediakan ruang penyimpanan 5GB secara gratis per pengguna.

Apple memperlakukan iCloud Drive ini seperti iTunes yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Tentu saja, Apple ingin mendapatkan untung dari platform kompetitornya itu.

Di sela acara WWDC 2014, Senin (2/6/2014), di Amerika Serikat, Apple mengumumkan struktur harga bagi pengguna yang hendak memperluas kapasitas penyimpanan di iCloud Drive. Pengguna yang berlanggan 20GB diwajibkan membayar 0,99 dollar AS per bulan, sementara berlangganan 200GB dikenakan biaya 3,99 dollar AS per bulan.

Sebagai perbandingan, saat ini Google menawarkan 15GB penyimpanan Google Drive secara gratis, lalu pengguna yang ingin kapasitas lebih dapat membayar 1,99 dollar AS per bulan untuk 100GB, 9,99 dollar AS per bulan untuk 1TB, dan 99,99 dollar AS per bulan untuk 10TB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com